Minggu, 13 Maret 2016

Pendidikan Kewarganegaraan (Kewiraan)

pengertian

- pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara ( bab I , pasal 1 (1) , UU No. 20/2003 tentang sisdiknas)

- kewarganegaraan berasal dari kata dasar warga negara yang berarti sekelompok manusia yang menjadi anggota suatu negara. kewarganegaraan diartikan sebagai kesadaran dan kecintaan serta berani membela bangsa dan negara.

- pendidikan kewarganegaraan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam mengembangkan kecintaan, kesetiaan, keberanian untuk berkorban membela bangsa dan tanah air indonesia ( bakry ; 2002 : 2)

landasan

- landasan ideal
* pancasila
- landasan hukum
* UUD 1945
^ alinea 2 dan 4 pembukaan UUD 1945
^ pasal 30 ayat (1)
^ pasal 31 ayat (1)
* UU No. 20/ 1982, tentang pertahanan dan keamanan negara republik indonesia, yang disempurnakan dengan UU No. 3 / 2002 tentang Pertahanan Negara.
* UU No. 20 / 2003 tentang sistem pendidikan nasional
* kepmendiknas No. 232 / U / 2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa.
* keputusan dirijen dikti No. 38 / DIKTI / Kep / 2002.

kompetensi

- pendidikan kewarganegaraan yang berhasil, akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. sikap ini disertai dengan perilaku :
1. beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan menghayati nilai - nilai filsafat hidup bangsa dan negara.
2. berbudi pekerti kemanusiaan yang luhur serta berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3. berjiwa nasionalisme yang kuat, mengutamakan persatuan dan kesatuan, mengatasi kelompok dan individu.
4. bersifat profesional, yang dijiwai oleh kesadaran bela negara serta sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
5. aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa, dan negara.

tujuan

-untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap, serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri mahasiswa calon sarjana / ilmuwan warga negara kesatuan republik indonesia yang sedang mengkaji dan akan menguasai iptek dan seni.
- dengan didasari :
1. kecintaan kepada tanah air
2. kesadaran berbangsa dan bernegara
3. memupuk rasa persatuan dan kesatuan
4. keyakinan akan ketangguhan pancasila
5. rela berkorban demi bangsa dan neegara
6. kemampuan awal bela negara

tinjauan konsep kewarganeegaraan

- panduan warga negara
* pada haikaktnya pendidikan adalah upaya sadar dari masyarakat dan pemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup generasi penerusnya, selaku warga masyarakat, bangsa, dan negara secara berguna dan bermakna serta mampu mengantisipasi hari depan yang senantiasa berubah dan selalu terkait dengan konteks dinamika  budaya, bangsa, negara, dan hubungan internasionalnya.
* pendidikan tinggi tidak dapat mengabaikan realita kehidupan yang mengglobal yang digambarkan sebagai kehidupan yang penuh dengan paradoksal dan  ketakterdugaan.
* indonesia yang berdasar pancasila, harus mengamalkan nilai nilai luhur pancasila, yang merupakan sekumpulan kesatuan nilai - nilai luhur yang diyakini, yaitu :

nilai ketuhanan atau nilai religius
a) keyakinan terhadap adanya tuhan yang maha esa dengan segala sifat-sifatnya yang maha sempurna.
b) ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa, menjalankan semua perintah-nya dan menjauhi segala larangan-nya.
c) nilai ketuhanan sebagai nilai religus menjiwai sila kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

nilai kemanusiaan atau HAM
a) pengakuan terhadap adanya martabat manusia dengan segala hak-hak asasinya.
b) perlakuan yang adil terhadap sesama manusia, memperlakukan dan memberikan sesuatu yang telah menjadi haknya.
c) manusia beradab dengan sumber daya cipta, rasa, karsa, dan keyakinan sebagai landasan kehidupan manusia.
d) nilai kemanusiaan sebagai hak asasi manusia dijiwai sila ketuhanan serta menjiwai sila persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

nilai persatuan atau nasionalisme
a) semangat perjuangan kebangsaan dan persatuan sekelompok manusia indonesia dengan cita cita hidup bersama.
b) bangsa indonesia adalah persatuan suku - suku bangsa yang mendiami wilayah indonesia.
c) semangat '' bhinneka  tunggal ika '' suku dan budaya bangsa memberikan arah dalam pembinaan kesatuan bangsa.
d) nilai persatuan sebagai nasionalisme dijiwai oleh ketuhanan dan kemanusiaan, serta menjiwai sila kerakyatan dan keadilan.

nilai kerakyatan atau demokrasi
a) kedaulatan negara di tangan rakyat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan berlandaskan penalaran yang sehat.
b) manusia indonesia sebagai warga negara indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
c) musyawarah untuk mufakat dalam kenegaraan dicapai dalam permusyawaratan wakil - wakil rakyat atas dasar kekeluargaan
d) nilai kerakyatan atau demokrasi dijiwai sila ketuhanan, kemanusiaan, dan persatuan, serta menjiwai sila keadilan.

nilai keadilan atau nilai ekonomi
a) keadilan dalam kehidupan sosial meliputi semua bidang kehidupan nasional untuk seluruh rakyat indonesia.
b) cita - cita masyarakat adil makmur, material dan spiritual yang merata bagi seluruh rakyat indonesia.
c) keseimbangan hak  dan kewajiban, kemajuan dan pembangunan selaras dengan nilai- nilai luhur bangsa indonesia.
d) nilai keadilan sosial atau nilai ekonomi dijiwai oleh sila ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan kerakyatan.

latar belakang
- semangat persatuan dan kesatuan merupakan syarat utama terbentuknya negara indonesia.
- semangat perjuangan bangsa telah mengalami penurunan pada titik yang kritis, disebabkan antara lain oleh pengaruh globalisasi.
- globalisasi ditandai dengan semakin menyatunya negara - negara di dunia sehingga batas - batas negara dalam arti ekonomi, keuangan, investasi, sumberdaya, dan informasi semakin kubur :
1. pengaruh lembaga keemasyarakatan internasional sangat kuat
2. negara - negara maju ikut mengatur percaturan politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.
- bangsa indonesia harus bersatu, berdaulat, adil dan makmur, berjuang sesuai dengan bidang profesi masing-masing.
3. sarana perjuangan tersebut bagi setiap warga negara umumnya, dan mahasiswa sebagai calon cendikiawan pada khususnya, yaitu melalui pendidikan kewarganegaraan.

wawasan kewarganegaraan
- pendidikan kewarganegaraan memiliki misi untuk menumbuhkan wawasan warga negara dalam hal persahabatan, pengertian antar bangsa, perdamaian dunia, kesadaran bela negara, dan sikap serta perilaku yang bersendikan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara, dan ketahanan nasional.
- kualitas warga negara tergantung terutama pada keyakinan dan pegangan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, disamping pada tingkat serta mutu penguasaan atas ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...