Rabu, 15 April 2015

SOAL DAN JAWABAN BAHASA INDONESIA

1. perhatikan penulisan kata dalam kalimat berikut!
penulisan kata yang tidak tepat terdapat dalam kalimat: banyak pelajar melakukan kerjasosial untuk mengisi liburan. 

2. penulisan kata serapan berikut berul, kecuali : akwarium, kwitansi, kwartal

3. cermatilah paragraf berikut! 
tidak dapat disangkal .... ada hubungan erat antara kondisi ekonomi dengan kekuatan pertahanan keamanan suatu bangsa. .... kondisi ekonomi yang baik dapat memberikan dukungan pada terjaminnya pertahanan dan keamanan negara. ...., pertahanan dan keamanan yang memadai sangat kondusif bagi perkembangan ekonomi ... hubungan antara ekonomi dan pertahanan keamanan dapat diibaratkan sebagai dua sisi dari sekeping mata uang. 
kata kata yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah: jika, di satu pihak, sementara di pihak lain, dalam hal ini

4. perhatikan isi paragraf berikut!
perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi mengubah gaya hidup manusia. itu buka hal baru. yang mulai muncul di jakarta adalah hadirnya hotspot, area area di tempat tertentu di mana orang bisa mengakses informasi melalui komputer, tanpa menggunakan kabel. seorang profesional mengaku bisa membalas surat elektronik dan rekan bisnis melalui kafe yang memiliki fasilitas hotspot. seberapa nyamankah cara berkomunikasi ini? ikuti juga berita peristiwa hot lain yang terjadi hingga sabtu malam.
gagasan utama paragraf tersebut adalah: perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi

5. cermatilah penggunaan istilah berikut!
'' satu mata saya tersenyum melihat kompetisi yang bagus dan kehadiran 261 atlet dari 79 negara, fasilitas luar biasa di nikala olympic weightlifting. hal, dan semangat olahraga yang besar. tetapi, mata saya yang lain menangis karena beberapa orang memakai obat terlarang, '' tutur ajan sedikit pedih.
arti istilah fasilitas dalam paragraf tersebut adalah: kepedulian

6. ungkapan yang mengandung pengertian tidak bisa diajak kompromi adalah : wajah dingin

7. pemborong itu melarikan diri, tidak mau bertanggung jawab terhadap rusaknya bangunan baru itu. yang tercetak miring dalam kalimat di atas dapat diungkapkan dengan : lepas tangan

8. Kiat Mendapatkan Lapangan Kerja Melalui Wirausaha
1. Kondisi Pangsa Pasar Kerja terhadap Penampungan Angkatan Kerja
2. Memiliki Unggulan Keterampilan
3. Penguasaan Informasi dan Komunikasi
4. Sikap Mandiri dan Percaya Diri
5. Kebebasan Pelaksanaan Kerja Wirausaha
rincian kerangka karangan yang tidak sesuai dengan pengembangan judul karangan di atas adalah nomor: 4

9. mengelola hutan tanaman industri adalah salah satu bentuk agroforestri.
makna kata agroforestri dalam kalimat di atas adalah: kebijakan yang menyangkut masalah kehutanan

10. perhatikan paragraf berikut!
yelena isinbayeva (rusia) benar benar meraih ''puncak dunia'' setelah menyabet media emas nomor loncat tinggi galah, selasa (24/8), di station olimpiade, athena. loncatan emasnya setinggi 4,91 meter sekaligus memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri. isinbayeva begitu larut dalam kegembiraan karena di larut dlam kegembiraan karena di athen 2004 ini, dia juga sukses mengalahkan seteru abadi, sekaligus teman berlatihnya, svetlana feofanova. ia sukses meloncat satu sentimeter lebih tinggi dari rekor dunia atas namanya sendiri. feofanova merebut keping perak dengan loncatan setinggi 4,75 meter.
bila ditanyakan ''berapakah rekor dunia loncat tinggi galah yang dicapai sebelum olimpiade 2004''?
jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah: 4,91 meter

11. para ahli tercengang melihat pertumbuhan penduduk yang demikian cepat sehingga mereka membuat semacam spekulasi.
kata spekulasi di atas berarti: dugaan sementara

12. cermatilah paragraf berikut!
(1) saya melihat sendiri kecelakaan itu. (2) begini, dari arah barat kendaraan yang dikendarai oleh pemuda berjaket merah itu melaju dengan cepatnya. (3) ia mengendarai sambil menggoyang goyangkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan. (4) dalam kecepatan tinggi seperti itu, helmnya lepas sehingga konsentrasinya menjadi terganggu. (5) dari arah lain, seorang tua mengendarai sepeda kayuh denga santainya. (6) ia mengayuh sepedanya sambil menghisap rokok. (7) tiba tiba terdengar suara tabrakan, orang tua tadi teguling guling di atas aspal. (8) aku tidak tega melihatnya. (9) yang jelas, ketika kecelakaan itu terjadi si orang tua masih berada di atas sadel sepedanya.
pernyataan yang tidak logis pada paragraf di atas teletak pada kalimat nomor : 3 dan 4

13. cermatilah paragraf berikut!
alfian melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. namun, perusahaantersebut menolaknya karena alfian belum memiliki pengalaman bekerja sebagai salah satu persyaratan.
kalimat yang santun untuk penolakan lamaran pekerjaan sesuai ilustrasi tersebut adalah: sehubungan dengan surat lamaran saudara, dengan ini kami memberitahukan bahwa saudara belum dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan kami karena saudara belum memenuhi salah satu persyaratan.

14. perhatikanlah isi paragraf berikut!
penanganan stress sangat bersifat pribadi. artinya, penanganan setiap penderita berbeda. penanganan tersebut lebih banyak menyangkut perawatan jiwa. misalnya, mendekatkan diri kepada tuhan, mengungkapkan segala keluhan kepada sahabat, menangis sepuas-puasnya, memaki maki hewan, memukul mukul kasur, atau mendatangi temat rekreasi. memang penanganan stres bisa juga dengan menggunakan obat-obatan. akan tetapi, hal itu sering mengakibatkan ketergantungan atau ketagihan. inti paragraf di atas adalah: penanganan stres.

15. cermatilah penggunaan gaya bahasa berikut!
agaknya tak berlebihan bila menyebut pantai biru bak mutiara yang penuh lumpur.
pemakaian gaya bahasa dalam kalimat di atas sama dengan gaya bahasa yang terdapat pula dalam kalimat: nun di ufuk barat sana mentari perlahan menyembunyikan diri.

16. cermatilah isi kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16-18!
setelah sampai waktunya diadakan pemeriksaan ternyata rencanaku mendapat pilihan utama dan mendapatkan hadiah pertama. aku ingin melihat namaku tercantum dalam surat kabar. surat kabar sebagai pemenang pertama. setelah kubaca surat kabar, akhirnya nama pemenangnya aku, juga diumumkan. tapi, hanya sekelumit saja. tanpa komentar apa apa akhirnya panitia sayembara memutuskan hadiah pertama jatuh kepada (lalu disebut namanya). tapi, untuk menyebut namaku, syamsudin jaya, wah salah cetak pula menjadi alaudin. baah. padahal keinginan yang paling utama dari sebuah kerja kerasku adalah '' aku ingin terkenal ke seluruh dunia, setidak tidaknya terkenal ke seluruh dunia, setidak tidaknya ke seluruh indonesia! tapi sayang, aku juga tidak dikenalorang.''
sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan cerpen tersebut adalah: orang pertama dan orang ketiga

17. amanat yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah: janganlah kita menginginkan sesuatu secara berlebihan, nanti kecewa

18. kata bercetak miring digunakan secara tepat dalam kalimat: mandor di pabrik itu membawahi sepuluh orang kuli yang rajin-rajin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...