Rabu, 19 Agustus 2015

Perbedaan Anak Kuliah Zaman Dulu dan Sekarang

Gadget
Anak kuliahan Zaman dulu rasanya cukup puas dengan punya handphone seri terbaru, yang cuma bisa telpon, sms, dan syukur-syukur bisa untuk main game. Salah satu handphone yang paling menarik perhatian anak kampus, terutama anak pecinta alam adalah Ericsson Shark. Pokoknya kalau pake handphone ini pasti cita level kecowokan kamu meningkat drastis.

Sekarang: Sudah banyak gadget keren dengan harga terjangkau yang bisa menundukung proses belajar maupun tampilan anak kuliahan Zaman sekarang. Ya, minimal anak kuliahan Zaman sekarang itu setiap ke kampus bawahannya smartphone, tab, laptop, dan wifi portable.


Cara Belajar di Kelas
Zaman dulu itu anak kuliahan kalau lagi belajar di kelas mau tidak mau harus memperhatikan apa yang diterangkan dosen. Malah tidak jarang juga mereka harus mencatat perkataan dosen ke dalam sebuah tumpukan kertas rapih yang akhirnya disebut sebagai file.
File inilah yang akhirnya menjadi tempat belajar utama anak kuliahan Zaman dulu. Yang menjengkelkan kalau berapa halaman dipinjam sama teman untuk difotokopi, trus pas dibalikan kurang.

Sekarang: Masih butuh tidak file atau buku tulis untuk mengajar? Karena sekarang kan kita sudah bisa catat-catat di gadget. Sudah begitu kalau ada bahan tertulis di whiteboard, tidak perlu susah-susah catat, tinggal foto saja kalau jam pelajaran selesai.


Bikin Tugas
Tugas kuliah itu ada yang sifatnya kelompok dan Individu. Nah kalau anak kuliahan Zaman dulu pas mengerjakan tugas kelompok biasanya pasti sering ketemu di Kampus, bahkan di jam libur sekalipun mereka akan ketemuan, untuk bahas tugas. Di kampus juga lebih seringnya nongkrong di perpustakaan, dan sesekali warnet untuk cari bahan tambahan. Sukur-sukur kalau anggota kelompoknya ada yang di rumahnya punya internet.

Sekarang: Kalau punya tugas kelompok langsung bikin group chat di smartphone. Mau bahas apa-apa yang berhubugan sama tugas pokoknya harus di group chat tersebut. Ketemuannya sesekali saja, itu juga di minimarket atau tempat-tempat yang ada wifinya.


Berhubungan Dengan Dosen
Beda dengan anak sekolahan, anak kuliahan itu kadang dituntut untuk lebih dekat dengan dosennya. Dekat disini maksudnya dalam hal pelajaran. Hubungan dosen dan mahasiswa ini akan makin terasa saat mengerjakan skripsi. Nah kalau anak kuliahan Zaman dulu ini agak ribet untuk berhubungan sama dosen, karena mereka mau tidak mau harus ketemu secara langsung, dan itu pun harus di kampus. Ya memang kadang dikasih juga nomer telepon dosen, tapi itu juga susah dihubunginnya.

Sekarang: Anak kuliahan Zaman sekarang patut bersyukur dengan hadirnya sosial media, dimana para dosen sekarang ini rata-rata punya minimal satu akun. Dan mereka kadang juga merasa lebih senang kalau kamu tanya di sosial media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...