- Landasan filosofis pendidikan Indonesia
* alasan fungsional :
untuk dapat menggunakan fungsi praktis. pancasila yaitu menjadi pedoman bertindak & mengambil langkah konkret dalam hidupnya, dan fungsi teoritis pancasila yaitu : menemukan kebenaran yang mendasar dalam rangka mencari sosulisi hal hal yang dihadapi dalam hidupnya.
* alasan material :
memahami dan menginternalisasikan dunia tempat dua hidup, memberikan pandangan yang rasional terhadap hidup, menjawab seakan sebenarnya hidup ini, sehingga manusia Indonesia dapat merasa kekerasan (at home) hidup di NKRI.
* alasan formal edukatif (pembentukan pribadi) :
sebagai manusia Indonesia peserta didik setepatnya dan seharusnya tumbuh & berkembang sesuai kepribadian Indonesia.
- Landasan Historis
* alasan fungsional:
berdasarkan pemahaman yang benar / sejarah kebangsaan Indonesia menggunakan pemahamannya untuk menunjukkan bahwa Pancasila memang sungguh sungguh berakat dalam kehidupan dan budidaya bangsa Indonesia sendiri.
* alasan material:
setepatnya dan seharusnya tahu sadar dan mengerti perjuangan bangsanya, sehingga siap menerima estafet perjuangan tersebut baik kegiatan perjuangannya maupun semangat dan jiwanya.
* alasan formal edukatif (pembentukan pribadi) :
sebagai manusia Indonesia, peserta didik setepatnya dan seharusnya mempunyai kepribadian yang timbul dan berkembang menuju kepribadian seorang patriot yang setia kepada tanah air dan bangsa
Patriot = pantang menyerah
- Landasan Kultural pendidikan Indonesia
* alasan fungsional :
dapat menempatkan diri komunikasi dan bekerjasama dengan orang lain sesuai dengan kebudayaan bangsanya berdasarkan Pancasila dan dapat mengapresiasikan menghargai hasil karya budaya yang dalam hal kebenaran, keindahan atau kebaiknya dapat dipertanggungjawabkan pada pancasila.
* alasan material :
mengerti dengan baik bahasa indonesia, adat tatacara, kebiasaan dan sopan santun orang indonesia, tatakrama atau cara bergaul orang indonesia, salah satu cabang kesenian orang indonesia, hubungan orang indonesia dengan orang orang berkebangunan lain di dunia, serta bisa menunjukkan hal hal penting yang mencerminkan keistimewaan bangsa indonesia.
* alasan formal edukatif (pembentukan pribadi) :
sebagai manusia Indonesia, peserta didik setepatnya dan seharusnya tumbuh dan berkembang kepribadiannya tanpa kehilangan keindonesiannya.
- Landasan yuridis pendidikan indonesia:
* alasan fungsional :
dapat menerangkan bahwa pancasila secara hukum, memang harus dipahami dan dihayati oleh seluruh rakyat indonesia, terutama para pelaksana kekuasaan negara dan para orang terpelajarnya.
* alasan material :
dapat menguraikan bahwa pancasila yang dari dulunya secara material sudah terdapat di dalam kehidupan bangsa indonesia pada saat terbentuknya proklamasi 17 agustus 1945 lalu memperoleh kedudukan yuridis formal sebagai dasar filsafat negara sekaligus berarti sebagai ideologi negara RI.
* alasan formal edukatif (pembentukan pribadi0 :
sebagai manusia Indonesia, peserta didik setepatnya dan seharusnya bercita cita menjadi manusia pancasila.
______________________________________________________________________________
tujuan pendidikan pancasila =
- filosofis
- bijaksana
- historis
- kultural
- yuridis
filosofis : menanamkan pandangan hidup berdasarkan landasan sesuai sifat kepribadian pancasila.
bijaksana: dapat memilih yang benar yang salah. dapat melihat semua sisi dan tidak sempit melihatnya. materi yang kita pelajari menjadi tambahan.
historis: ketika kita sudah tau kita merdeka, maka tujuan kita pelajari pancasila menumbuhkan proses sehingga kita mempunyai ras seperti pejuang. bukan berarti kita mau dijajah.
kultural : agar tercapai cita cita indonesia yang tertera UUD 1945 alinea 44.
yuridis pancasila : menumbuhkan rasa pancasila
kompetensi =
secara filosofis agar mahasiswa mampu melihat pandangan hidup, untuk memahami dunia tempat hidup kita ini, sesuai landasi.
secara kultural, mampu menetapi di tengah hidup secara pancasila. pancasila untuk kita, karna kita beraneka ragam budaya, dll.
kompetensi historis, mampu menjelaskan pancasila sampai akhir hayat / sepanjang masa.
yuridis, mampu menjelaskan pancasila sebagai dasar dan pancasila segala sumber.
___________________________________________________________________________
sistem ketatanegaraan RI berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
-pancasila
- UUD 1945
* pembukaan
- makna pembukaan
- hubungan dengan proklamasi
- pokok pikiran yang terkandung
* batang tubuh dan penjelasan
- hubungan dengan batang tubuh
- pemerintahan negara
- dinamika pelaksanaan UUD 1945
undang undang dasar 1945
- UUD merupakan hukum dasar yang tertulis, dan merupakan salah satu unsur negara.
- unsur negara :
* konstitutif =
- wilayah, rakyat, pemerintahan yang berdaulat
* deklaratif :
- tujuan negara
- UUD
- pengakuan dari negara lain (defacto & dejure)
- ikut perhimpunan bangsa bangsa.
kedudukan UUD 1945
- stratifikasi paradigma nasional indonesia :
* pancasila (ideologi negara) sebagai landasan idiil.
* UUD 1945 (konstitusi negara)
sebagai landasan konstitusi oral.
* wawasan nusantara (visi bangsa / negara)
sebagai landasan visional
* ketahanan nasional (konsepsi bangsa/negara)
sebagai landasan konsepsional.
* politik di strategi nasional (kebijakan negara)
sebagai landasan operasional.
sifat UUD 1945 :
*singkat
* - 16 Bab
- 37 pasal
- aturan peralihan & tambahan
- masa pembentukan yang singkat
* supel
- mudah membuat, merubah, mencabutnya
* dinamis
- mengandung semangat
- tidak lekas usang.
pembukaan UUD 1945
* pembukaan = konsensus / pewujudan / percerminan nilai nilai pancasila
* makna pembukaan :
- alinea 1 = kemerdekaan adalah hak semua bangsa dan penjajahan bertentangan dengan HAM
- alinea 2 = adanya masa depan yang harus diraih
- alinea 3 = kehidupan berbangsa dan bernegara ini harus mendapatkan ridho allah yang maha kuasa
- alinea 4 = mempertegas cita cita yang harus dicapai oleh bangsa indonesia melalui wadah NKRI.
_____________________________________________________________________________
hubungan pembukaan UUD 1945 dengan proklamasi
- proklamasi dan pembukaan adalah suatu rangkaian yang tidak dapat dipisah pisahkan
- pembukaan adalah relisasi bagian ke 2 proklamasi.
- pembukaan hakikatnya adalah pernyataan kemerdekaan yang lebih terperinci.
sifat hubungan pembukaan dengan proklamasi 17-8-1945.
pembukaan :
merupakan amanat keramat.
proklamasi :
-memberikan penjelasan terhadap dilaksanakan proklamasi (bagian 3 dan 4 pembukaan UUD 45)
- memberikan penegasan terhadap dilaksanakan proklamasi
- memberikan pertanggungjawaban terhadap dilaksanakan proklamasi (bagian 4 pembukaan UUD 45).
tujuan negara berdasarkan pembukaan UUD 1945.
* tujuan ke dalam :
- melindungi segenap bangsa indonesia, dan seluruh tumpah darah indonesia.
- memajukan kesejahteraan umum
- mencerdaskan kehidupan bangsa
* tujuan keluar :
- ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan. perdamaian abadi dan keadilan sosial.
_______________________________________________________________________________
pokok pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan
- negara melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia, dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
- negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.
- negara yang berkedaulatan rakyat, berdasar atas kerakyatan dan permusyawarahan perwakilan.
- negara berdasarkan atas ketuhanan yang maha esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
_______________________________________________________________________________
Rabu, 20 Januari 2016
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics
Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...
-
text 2 Genetic research has produced both exciting and frightening possibilities. Scientists are now able to create new forms of life in ...
-
once there was a farmer from laos. every morning and evening, he ploughed his field with his buffalo. one day, a tiger, a mouse deer, and a...
-
1. I was late because I caught the wrong bus. It means I caught the wrong bus; .... I was late. = so that 2. we have to come early to the ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar