Selasa, 16 Desember 2014

MENINGKATKAN SUMBER DAYA ALAM YANG BERKUALITAS DALAM MASA ERA GLOBALISASI

DI SUSUN OLEH :
-        LIA YULIADI
-        NURUL KHAIVA
-        PUTRI MASYUERA

MENINGKATKAN SUMBER DAYA ALAM YANG BERKUALITAS DALAM MASA ERA GLOBALISASI .










SMA NEGERI 4 TANJUNG PINANG
TAHUN AJARAN 2013 – 2014
KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam dan Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, yang kiranya patut penulis ucapkan, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai evaluasi keamanan sistem informasi. Makalah ini dibuat dalam rangka meningkatkan sumber daya alam yang berkualitas dalam masa era globalisasi .
Dalam proses laporan penelitian ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan” : Ibu Nur Lela , selaku guru mata pelajaran “Bahasa Indonesia” , teman teman yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.
Kami  menyadari, dalam makalah  ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang kami  miliki, namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami  dengan menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaanMakalah ini di waktu yang akan datang. Semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi kami pada khusunya dan pembaca pada umumnya.
Demikian makalah ini kami buat semoga bermanfaat .



                                                                                                       Penyusun :


PUTRI MASYUERA
DAFTAR ISI




BAB 1 PENDAHULUAN
A . LATAR BELAKANG
Sumber daya alam adalah unsur lingkungan yang terdiri atas sumberdaya alam hayati, sumberdaya alam non hayati dan sumberdaya buatan, merupakan salah satu aset yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sebagai modal dasar pembangunan sumberdaya alam harus dimanfaatkan sepenuh-penuhnya tetapi dengan cara-cara yang tidak merusak, bahkan sebaliknya, cara-cara yang dipergunakan harus dipilih yang dapat memelihara dan mengembangkan agar modal dasar tersebut makin besar manfaatnya untuk pembangunan lebih lanjut di masa mendatang.
Dalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefisiensi. Artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien dalam memikirkan kelanjutan SDM. Pembangunan yang berkelanjutan bertujuan pada terwujudnya keberadaan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia. Maka prioritas utama pengelolaan adalah upaya pelestarian lingkungan, supaya dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Bila sumber daya alam rusak atau musnah kehidupan bisa terganggu.
B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas maka pemakalah dapat mengambil rumusan masalah yang akan dibatasi dan dibahas menurut pembagian di bawah ini :
1.     Apa sajakah klasifikasi sumber daya alam menurut bentuk, sifat dan potensinya?
2.     Apa sajakah manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia ?
3.     Bagaimana cara yang dapat dilakukan dalam mengelola sumber daya alam?



C . TUJUAN MASALAH
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu dapat mengetahui klasifikasi sumber daya alam dan manfaatnya serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengelola sumber daya alam tersebut.




BAB 2 PEMBAHASAN
A.PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia . menurut wikipedia , Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya.
B.   KLASIFIKASI SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya.
1.     Berdasarkan Sifat
Menurut sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi 3, yaitu sebagai berikut :
·         Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut terbarukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali).
·         Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), misalnya: minyak tanah, gas bumi, batu tiara, dan bahan tambang lainnya.
·         Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.
2.    Berdasarkan Potensi
Menurut potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam, antara lain sebagai berikut:
·         Sumber daya alam materi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
·         Sumber daya alam energi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut  laut, kincir angin, dan lain-lain.
·         Sumber daya alam ruang; merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
3.     Berdasarkan Jenis
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :
·         Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati.
Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.
·         Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.
C.SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA
Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dan hal ini, berdasarkan Protokol Nagoya, akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan (green economy). Protokol Nagoya sendiri merumuskan tentang pemberian akses dan pembagian keuntungan secara adil dan merata antara pihak pengelola dengan negara pemilik sumber daya alam hayati, serta memuat penjelasan mengenai mekanisme pemanfaatan kekayaan sumber daya alam tersebut. Kekayaan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Dilihat dari sisi astronomi, Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat.
  • Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral.
  • Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.
Tingginya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% dari tanaman berbunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia, 12% dari mamalia, 16% dari hewan reptil, 17% dari burung, 18% dari jenis terumbu karang, dan 25% dari hewan laut. Di bidang agrikultur, Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman perkebunannya, seperti biji coklatkaret,kelapa sawitcengkeh, dan bahkan kayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia.
Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum,timahgas alamnikeltembagabauksittimahbatu baraemas, dan perak. Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai 7,9 juta km2 juga menyediakan potensi alam yang sangat besar.
                                                                 
(Wilayah perairan yang terbentang luas)       (Lahan pertanian yang subur)
                                                                 
(Biji tanaman 
kopi)                                                            (Komodo)                            
                                                                 
(
Kura-kura)                                                                          (Terumbu karang)
D.PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
Persebaran sumber daya alam tidak selamanya melimpah. Ada beberapa sumber daya alam yang terbatas jumlahnya, kadang-kadang dalam proses pembentukannya membutuhkan jangka waktu yang relatif lama dan tidak dapat di tunggu oleh tiga atau empat generasi keturunan manusia.
Dalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefisiensi. Artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien dalam memikirkan kelanjutan SDM. Pembangunan yang berkelanjutan bertujuan pada terwujudnya keberadaan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia. Maka prioritas utama pengelolaan adalah upaya pelestarian lingkungan.
1.    Pemanfaatan SDA Nabati
·         Dimanfaatkan sebagai sumber daya pangan seperti padi, jagung, ubi dan sebagainya
·         Dimanfaatkan sebagai sumber sandang seperti serat haramay
·         Beberapa jenis tanaman dapat dimanfaatkan sebagai minyak atsiri seperti kayu putih, sereh, kenanga, cengkeh
·         Dimanfaatkan sebagai tanaman hias seperti anggrek
·         Dimanfaatkan sebagai bahan baku mebel seperti meranti, rotan, bambu
·         Dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan kencur, jahe, kunyit
·         Dimanfaatkan sebagai keperluan industri
2.     Pemanfaatan SDA Hewani
·         Dimanfaatkan sebagai sumber daya pangan seperti daging sapi, daging kambing
·         Dimanfaatkan sebagai sumber kerajinan tangan seperti lokan, dirangkai menjadi perhiasan
·         Dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai budaya manusia dan nilai kehidupan, seperti bentuk kapal selam diadopsi dari cara ikan menyelam, bentuk pesawat dari bentuk burung
3.    Pemanfaatan SDA Barang Tambang
Usaha pemanfaatan pertambangan dan bahan galian dalam pembangunan Indonesia adalah sebagai berikut:
·         Sebagai pemenuh kebutuhan SDA barang tambang dan galian dalam negeri.
·         Menambah pendapatan negara karena barang tambang dapat diekspor keluar negeri
·         Memperluas lapangan kerja
·         Memajukan bidang transportasi dan komunikasi
·         Memajukan industri dalam negeri
E. MENINGKATKAN SUMBER DAYA ALAM YANG BERKUALITAS DALAM MASA ERA GLOBALISASI .
Perseroan terus berkomitmen untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif dalam rangka menciptakan karyawan yang profesional dan kompeten dengan harapan Perusahaan dapat tumbuh, berkembang serta mampu bersaing dalam era globalisasi.
Di era globalisasi saat ini, sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor yang paling penting dalam perkembangan Perusahaan. Untuk membentuk  SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing  tinggi dalam persaingan global tertentunya tidak dapat dilakukan secara instan, dalam hal ini, peran semua pihak di jajaran Perseroan sangat dibutuhkan. Diperlukan kerjasama yang baik di seluruh jajaran Perusahaan untuk memperbaiki SDM yang ada saat ini.
Semua ini bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab dari pihak manajemen saja tetapi juga karyawan. Sehingga dibutuhkannya kerjasama yang baik seluruh jajaran Perusahaan untuk bekerja keras bahu-membahu dalam membangun SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan dengan harapan kinerja Perusahaan dan tercapai secara maksimal.
Jumlah SDM PT Semen Baturaja (persero) sampai dengan 31 Desember  2012 sebanyak 511 (lima ratus sebelas) orang yang bekerja di 3 (tiga) lokasi dan pabrik kantor perwakilan Jakarta .
Dari tahun ke tahun PT Semen Baturaja (Persero) terus menerus meningkatkan kualifikasi tingkat pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal. Dapat di lihat dari data pendidikan periode 31 Desember 2012 .
Peningkatan kualitas pendidikan formal ini mutlak harus di lakukan untuk menyesuaikam dengan tuntutan kebutuhan perusahaan terhadap perubahan teknolagi. Diharapkan Perseroan dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat sehingga kinerja perusahaan dapat di capai secara maksimal.
Pada tahun 2012, Perseroan melaksanakan sejumlah program strategis Sumber Daya Manusia, melalui pembinaan dan pengembangan kepada karyawan dalam rangka menciptakan karyawan yang profesional dan kompeten, adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Perusahaan antara lain telah mengadakan training dalam rangka pemenuhan kompetensi jabatan baik berupa In House Training maupun dengan mengirimkan personil ke pihak luar/ekstern.
Dalam rangka meningkatkan kinerja operasional Perseroan, PT Semen Baturaja (Persero) bekerja sama dengan konsultan PT Dayamakara UI telah menyusun 7 (tujuh) Nilai Budaya Perusahaan yaitu : Jujur, Kompenten, Profesional, Tanggungjawab, Kerjasama, Disiplin dan Peduli yang dikenal dengan " Jump For Win". Dengan diterapkanya 7 (tujuh) Nilai Budaya terserbut diharapkan mampu meningkatkan kinerja yang unggul menuju PT Semen Baturaja (Persero) yang gemilang.




BAB. 3
PENUTUP
A. KRITIK DAN SARAN
Pentingya peranan sumber daya alam dalam pembangunan berkelanjutan, tanpa menghindari kepunahan dari sumber daya alam itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan dan pengendalian melalui berbagai usaha antara lain:
a. Pengambilan sumber daya alam tidak boleh melebihi tingkat pertumbuhan.
b. Kapasitas lingkungan dalam menyerap pencemaran tidak boleh berkurang.
c. Melestarikan fungsi lingkungan baik sebagai sumber bahan mentah maupun sebagai penampung limbah.
d. Menyatukan pemikiran ekonomi dengan ekologi.
e. Peran serta masyarakat setempat dalam pengelolaan sumber daya lingkungan ditingkatkan melalui penyuluhan-penyuluhan
B .KESIMPULAN
Berdasarkan uraian pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sumber daya alam dan sumber daya manusia memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu Negara dan dapat menstabilkan perekonomian suatu Negara. Dari hasil yang di peroleh dan dilihat dari peranannya terhadap pembangunan ekonomi, sejarah mencatat bahwa masyarakat dapat mencapai kemakmuran karena berhasil memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki. Sampai sekarang masih ada orang-orang yang mengatakan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan suatu negara mengalami kemiskinan karena tidak cukup sumber-sumber alam yang dimilikinya. Dengan analisis komparatiflah kita dapat menemukan proses pembangunan yang nyata dalam berbagai negara di kalangan negara berkembang.

Ketika Negara tidak lagi bergantung pada pajak domestik untuk mendanai pembangunan, pemerintah tidak lagi diharuskan untuk memformulasikan sasaran-sasaran dan tujuan pembangunan mereka untuk diawasi rakyat yang harus membayar semua itu. Demikian pula, mereka dimungkinkan untuk mendistribusikan dana-dana kepada berbagai sektor dan wilayah secara ad hoc.
C.DAFTAR PUSTAKA

http://belajarpsikologi.com/kata-pengantar-contoh-kata-pengantar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...