Senin, 21 September 2015

ILMU ADMINISTRASI PUBLIK by INU KENCANA SYAFIIE

                                                           

ilmu adalah bagian dari pengetahuan sehingga setiap ilmu sudah barang tentu adalah pengetahuan ; sebaliknya, setiap pengetahuan belum tentu ilmu. Pengetahuan yang bukan ilmu itu antara lain adalah seni dan moral, tetapi ada juga seni yang sekaligus juga ilmu, seperti Administrasi Publik ini, yang akan penulis sampaikan pada bab-bab selanjutnya nanti. Untuk itu ada syarat syarat yang membedakan antara ilmu (science) dengan pengetahuan (know-ledge).

menurut prajudi, ilmu harus ada objeknya, terminologinya yang khas metodologinya yang khas, filosofisnya yang khas, dan teorinya yang khas. sedang menurut nawawi, ilmu juga harus memiliki objek, metode sistematika, dan mesti bersifat universal.

menurut sondang p. siagian, sebagai berikut:
ilmu pengetahuan dapat didefinisikan sebagai suatu objek ilmiah yang memiliki sekelompok prinsip, dalil, rumus, yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulang kali, telah teruji kebenarannya, prinsip-prinsip, dalil-dalil, dan rumus-rumus mana dapat diajarkan dan dipelajari.

menurut sutrisno, sebagai berikut:
ilmu pengetahuan sebenarnya tidak lain adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadukan secara harmonis dalam suatu bangunan yang teratur.

soerjono soekanto, mengatakan sebagai berikut;
secara pendek dapatlah dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, pengetahuan mana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya. unsur-unsur (elements) yang merupakan bagian-bagian yang tergabung dalam suatu kebulatan adalah:
- pengetahuan (knowledge)
- tersusun secara sistematis
- menggunakan pemikiran
- dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum (objektif)

menurut muhammad hatta,
tiap tiap ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut bangunnya dari dalam.

menurut van poelje,
ilmu adalah tiap kesatuan pengetahuan, dimana masing-masing bagian bergantungan satu sama lain yang teratur secara pasti menurut asas-asas tertentu.

menurut the liang gie,
ilmu sebagai sekelompok pengetahuan teratur yang membahas sesuatu sasaran tertentu dengan pemusatan perhatian kepada satu atau segolongan masalah yang terdapat pada sasaran itu untuk memperoleh keterangan-keterangan yang mengandung kebenaran.

menurut s. abu bakar,
ilmu adalah suatu pendapat atau buah pikiran yang ilmiah, yaitu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi persyaratan ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...