Senin, 28 September 2015

Pengantar Sosiologi


1.     Tindakan sosial adalah suatu tindakan yang memiliki makna yaitu ketika individu yang berinteraksi dengan individu lain dan hasilnya individu tersebut dapat mempengaruhi perilaku individu lainnya.
Contoh : Ani menasihati Wati untuk tidak membolos kuliah.

2.     A.  Fakta Sosial Emile Durkheim
         Fakta sosial menurut Durkheim terdiri atas dua macam :

·        Dalam bentuk material, yaitu barang sesuatu yang dapat disimak, ditangkap, diobservasi. Fakta sosial yang berbentuk material ini adalah bagian dari dunia nyata (external world), contohnya arsitektur dan norma hukum.
·        Dalam bentuk non material, yaitu merupakan fenomena yang bersifat inter subjektif yang hanya dapat muncul dari dalam kesadaran manusia, contohnya egoisme, altruisme dan opini.
            B. Ya, Karena di Kampus seorang mahasiswa diwajibkan untuk dan mematuhi peraturan kampus tersebut, kewajiban-kewajiban tersebut dituangkan kedalam sebuah aturan dan memiliki sanksi tertentu jika dilanggar.
            C. pembagian kerja (division of labour). Dalam masyarakat terdapat spesialisasi aspek kehidupan, seperti adanya bidang ekonomi, pendidikan, politik, hukum, atau kesenian yang berada di luar individu dan bersifat mengendalikan dan memaksa individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...