Minggu, 30 Oktober 2016

8 Cara Untuk Meyakinkan Orang Tua Kalau Kita Sudah Dewasa!

8 Cara Untuk Meyakinkan Orang Tua Kalau Kita Sudah Dewasa!

 Menjadi dewasa adalah sebuah proses yang natural, dan semua orang memiliki waktunya masing masing untuk tumbuh kembang menjadi pribadi yang dewasa. Namun, selama kita masih sekolah, dianggap dewasa merupakan salah satu kunci untuk lebih bebas. Peraturan bisa jadi sedikit lebih longgar, misalnya pulang lebih malam di akhir minggu atau diberi izin untuk menginap di rumah teman. Semuanya karena mereka menganggap kita sudah lebih dewasa dan memberikan kepercayaan lebih untuk kita. Seandainya orang tua kita bukanlah tipe yang terlalu protektif, cara cara ini bisa kita biasakan untuk menunjukkan kalau kita sudah mulai berusaha untuk bisa mengurus diri kita sendiri, girls. Membiasakan cara cara ini juga sekaligus menjadi latihan supaya kita memang benar benar jadi lebih mandiri dan dewasa lho! Yuk, kita biasakan 8 cara untuk meyakinkan orang tua kalau kita sudah dewasa!

1. Urus Kebutuhan Diri Sendiri di Rumah

Kita adalah cewek remaja yang sudah bisa mulai mengurus kebutuhan kita sendiri di rumah. Cuci baju sendiri, cuci piring setelah makan, pastikan kamar kita selalu rapih dan semua barang berada di tempatnya masing masing, dan sebagainya. Hal hal kecil ini akan menunjukkan kepada orang tua kita kalau kita jadi lebih bertanggung jawab dan mulai mempertimbangkan untuk lebih percaya kepada kita.

 

2. Coba Untuk Mentoleransi Hal Hal yang Bikin Kita Kesal

Orang tua kadang suka bikin kita kesal dan biasanya kita suka ngambek atau cemberut saat kita sedang kesal dengan mereka. Hindari hal tersebut. Kapanpun kita merasa kesal, cobalah untuk enggak kesal atau paling enggak, jangan menunjukkannya kepada mereka. Kalau kita bisa lebih sopan dan menyenangkan mereka dengan menjawab pernyataan mereka yang detail tentang keseharian kita, mereka akan melihat kalau kita sudah bisa lebih dewasa karena enggak cepat ngambek sama hal yang menurut mereka enggak penting.
 

3. Jangan Bergantung Sama Orang Tua Untuk Bangun Pagi

Kita sudah besar dan bisa mengatur waktu tidur kita supaya enggak kesiangan. Gunakan alarm, atau kalau kita susah bangun, pasang 10 alarm pada handphone kita, lakukan semua hal baik yang bisa membantu kita untuk bangun tepat waktu tanpa perlu dibantu oleh orang tua kita. Bangun tepat waktu, bersiap, kemudian keluar kamar untuk sarapan dalam keadaan sudah siap berangkat sekolah, hal ini akan membuat orang tua kita kaget karena ternyata kita sudah siap sebelum mereka menggedor pintu kamar untuk membangunkan kita.

 Hargai Peraturan yang Sudah Ada

4. Tepati Jam Malam Setiap Saat

Kalau kita ingin mendapatkan kebebasan yang lebih, pertama tama kita harus bisa menunjukkan kalau kita menghargai peraturan yang sudah ada. Mereka enggak akan mempercayai kita pulang jam 9 malam, kalau kita enggak bisa menepati waktu jam malam kita saat ini, jam 7 malam. Kalau bisa, pulanglah sebelum jam malam kita, ikuti selama beberapa saat sampai orang tua kita mulai percaya, baru bicarakan tentang keinginan kita untuk memundurkan jam malam kita.

 
5. Luangkan Waktu Untuk Ngobrol Sama Orang Tua Tentang Keseharian Kita

Sebagai remaja, kita punya banyak hal yang sebenarnya bisa kita ceritakan ke orang tua. Ceritakan tentang kejadian kejadian di sekolah, atau bagaimana kita berhasil menyelesaikan soal matematika yang diberikan oleh guru kita di depan kelas. Kita juga boleh banget membicarakan hal hal yang sedang ramai dibicarakan di media, dan menunjukkan pendapat kita terhadap suatu hal. Meskipun enggak kita lakukan setiap saat, pembicaraan seperti itu akan menunjukkan kalau kita enggak menutup diri dengan mereka. Mereka akan mengetahui kalau kita akan berdiskusi dengan mereka kalau ada sesuatu yang mengganggu pikiran kita. Mereka akan mulai menyadari kalau kita sudah bukan anak kecil lagi.
 

6. Naikkan Nilai Kita di Sekolah, Atau Tunjukkan Perkembangan di Mata Pelajaran yang Sebelumnya Sulit Kita Pahami

Hal seperti ini memang seharusnya kita capai untuk diri kita sendiri, bukan untuk orang lain. Namun, bagi sebagian besar orang tua, sebuah pencapaian dalam bidang akademis merupakan hal yang bisa membuat mereka sangat senang. Kalau kita bisa meningkatkan dan mempertahankan nilai nilai yang sudah baik, kemungkinan besar orang tua kita akan senang dan memerikan kita banyak hal, mulai dari hadiah hingga kebebasan yang bertanggung jawab. Eits, tapi jangan langsung minta banyak hal setelah nilai kita baru saja naik ya, bersabar sampai beberapa waktu. Kalau kita bisa mempertahankan bahkan meningkatkan lagi nilai tersebut, rasanya enggak perlu diminta, mereka akan mulai memberikan kita kepercayaan dan kebebasan yang lebih besar.
 

7. Bantu Mempersiapkan Makan Malam di Rumah atau Mempersiapkan Makan Siang Sendiri

Mungkin hal ini bukanlah suatu hal yang benar benar dapat menunjukkan kedewasaan kita, tapi paling enggak orang tua kita akan merasa terbantu dan sekali kali mendapatkan waktu istirahat. Dalam beberapa saat, mereka akan mulai merasa kita sudah mulai dewasa karena mau mencoba untuk meringankan pekerjaan mereka. Kalau kita belum bisa masak, paling enggak siapkan sendiri bekal yang biasanya dipersiapkan oleh orang tua, meskipun ini adalah hal yang simpel, tapi meringankan satu pekerjaan yang biasa dilakukan oleh mereka, akan membuat mereka merasa senang!

 

8. Mengakui Kesalahan Diri Sendiri

Salah satu hal yang paling penting dan dibutuhkan dalam tumbuh dewasa adalah mengakui kesalahan diri sendiri dari pada mencari banyak alasan hanya karena kita enggak mau dianggap salah. Jadi, kalau suatu saat orang tua kita mempertanyakan sesuatu yang kita lakukan, dan ternyata kita salah, mengakui kesalahan itu akan menunjukkan kalau kita memiliki keberanian untuk jujur. Apalagi saat kita bisa mengakui dan mengetahui dimana letak kesalahan kita untuk kita perbaiki di kemudian hari, kalau kita bisa benar benar menjadi lebih baik, orang tua akan melihat bahwa kita mampu menerima kekurangan diri sendiri dan bisa bertanggung jawab atas hal hal yang kita lakukan.

 http://kawankumagz.com/Love-And-Life/Life/8-Cara-Untuk-Meyakinkan-Orang-Tua-Kalau-Kita-Sudah-Dewasa/Hargai-Peraturan-Yang-Sudah-Ada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...