Sabtu, 03 Desember 2016

5. BENTUK BENTUK PERILAKU MENYIMPANG



5. BENTUK BENTUK PERILAKU MENYIMPANG

A. PENYALAHGUNAAN NARKOBA
Pada awalnya, sebagian narkotika dan obat obatan terlarang dipergunakan oleh karangan dokter sebagai usaha untuk mengurangi rasa sakit berlebihan yang dialami menjadi ‘’obat terlarang’’ karena digunakan oleh orang orang yang sehat secara jasmani untuk mengurangi tingkat kesadaran dan memperoleh perasaan nikmat meskipun sesaat. Obat terlarang seperti ecstacy pada mulanya dimaksudkan untuk merangsang gerak orang orang yang berpenyakit lumpuh, tetapi kemudian dipakai untuk merangsang daya tahan tubuh.

Kelompok remaja adalah kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap bahwa penyalahgunaan obat obatan tersebut, sebab di usia remaja orang memiliki rasa ingin tahu yang besar sedangkan kontrol dirinya masih lemah karena jiwanya belum matang. Ini membuat mereka lebih tergoda untuk mencoba coba. Tanpa pengawasan yang baik, kalangan remaja mudah menjadi pemakai yang tergantung pada obat obat terlarang.

Dari pengamatan yang dilakukan oleh beberapa pihak diketahui bahwa ada beberapa alas an orang menggunakan obat obatan terlarang tersebut, yaitu mengurangi atau menghilangkan rasa takut, menghilangkan rasa malu, ingin melupakan kesulitan hidup sehari hari, da nada pula yang sekedar ikut ikutan atau mencoba coba.

Para pemakai narkotika dan obat obatan terlarang yang tidak pada tempatnya dan dengan dosis yang melampaui ukuran akan menimbulkan dampak negative yang berbeda beda sesuai dengan jenis bahan yang digunakan, frekuensi pemakaian, dan kualitas narkotika. Apapun jenis dan akibatnya, semua dampak negative yang ditimbulkan akan meyebabkan berkurangnya produktivitas seseorang selama dan setelah pemakaian bahan bahan tersebut secara berlebihan.

Pemakaian narkoba diluar keperluan kedokteran dianggap perilaku menyimpang sebab dapat merugikan pemakai dan masyarakat disekitarnya. Selain itu, penyimpangan narkoba dapat memicu tindakan menyimpang lainnya seperi mencuri, membunuh, perbuatan asusila, dan yang terpenting adalah hilangnya kesempatan untuk mengisi hidupnya dengan aktivitas yang bermanfaat.

B. PERKELAHIAN PELAJAR
Perkelahian antarpelajar, sering disebut pula tawuran antarpelajar, pada mulanya hanya menjadi fenomena yang terdapat pada pelajar pelajar di kawasan perkotaan. Sekarang ini gejala tawuran ini telah pula menjadi mode bagi pelajar pelajar maupun antara kelompok kelompok pelajar, merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang.

Tawuran berbeda dengan perkelahian satu lawan satu. Perkelahian satu lawan satu tidak mendatangkan akibat yang luas. Bahkan di beberapa daerah, masyarakat menganggap perkelahian satu lawan satu merupakan lambang sportivitas dan kejantanan seseorang, namun tetap tidak bertujuan untuk mencederai atau membunuh orang lain.

Pada umumnya tawuran diawali oleh konflik yang terjadi antara siswa didalam satu sekolah atau siswa antarsekolah. Karena perasaan solidaritas antarsiswa didalam sekolah masing masing, perkelahian akan meluas dan menghasilkan konflik antarsisiwa dari sekolah yang berlainan. Kadang kadang kita temui siswa yang terpaksa ikut tawuran karena tidak ingin disebut tidak solider, penakut, atau tidak setia kaan. Dalam kondisi seperti ini, siswa yang sejak awal tidak terlibat atau menganggap bahwa tawuran itu adalah bentuk penyimpangan sosial yang dibenci semua lapisan masyarakat terpaksa mengikuti pola berkelahi baru yang mereka temukan di antara teman temannya sesame pelajar.

Tawuran menjadi masalah yang cukup serius karena peserta tawuran cenderung mengabaikan norma norma yang ada, melibatkan korban yang tidak bersalah, dan merusak benda benda yang berada di dekatnya. Akibatnya, tawuran mendatangkan bentuk penyimpangan dan bahkan pembunuhan yang sadis.

C. PERILAKU SEKSUAL DILUAR NIKAH
Naluri seksual  yang dimiliki manusia merupakan anugerah tuhan. Keberadaan manusia di bumi ini berlangsung terus menerus karena dilanjutkan oleh keturunan keturunsn baru. Akan tetspi, naluri seksual yang tidak terkendali di dalam masyarakat, antara lain dalah mendatangkan kekacauan didalam masyarakat, antara lain adalah berjangkitnya penyakit kelamin, perkelahian, gangguan jiwa adalah dan emosional pada anak hasil hubungan itu, serta menurunkan kualitas manusia karena ketidakmampuan memberikan pendidikan yang layak akibat kehamilan tak terencana. Selain itu, terjadi pula ancaman yang serius terhadap bayi bayi yang dilahirkan sehingga berdampak pada pelanggaran hak asasi manusia, seperti aborsi dan pembunuhan bayi bayi yang lahir dari hubungan yang bebas tersebut.

Sejak dulu manusia telah membuat seperangkat tata nilai dan norma norma, baik norma agama, adat istiadat maupun hukum tertulis yang mengatur perilaku hubungan seksual agar fungsi reproduksi manusia dapat berlangsung tanpa menganggu ketertiban sosial. Pada setiap masyarakat, keabsahan hubungan seksual dibuat melalui pernikahan. Hubungan seksual di luar pernikahan dalam masyarakat Indonesia dianggap sebagai pelanggaran berat terhadap norma. Di dalam agama islam disebut zinah dan harus mendapatkan hukuman berat baik di dunia maupun di akhirat nanti. Begitu pula dalam hukum adat diberbaggai daerah, hubungan seksual diluar nikah dianggap pelanggaran berat dan juga akan dihukum berat. Pelakunya dianggap telah mendoai nama baik keluarga dan seluruh masyarakat dilingkungan itu.

Orang orang, termasuk remaja, yang kurang mendapatkan bekal moral dan agama yang kuat, serta kurang mempertimbangkan akibat akibat negative penyimpangan seksual ini, bisa terpengaruh oleh sajian media massa yang mempertunjukkan pola perilaku orang orang dinegara barat yang dikemas dengan menarik. Dapat diungkapkan bahwa perilaku seksual diluar nikah telah mendatangkan bencana di seluruh dunia. Berbagai penyakit menyebar dari suatu masyarakat ke masyarakat lainnya bahkan menjangkau Negara lain yang berjarak ribuan kilometer, seperti penyakit kelamin dan AIDS. Diketahui bahwa faktor penyebaran utama penyakit AIDS adalah perilaku seksual yang bebas, selain penggunaan jarum suntik pada narkoba, dan faktor lainnya yang jumlahnya relative kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...