Selasa, 01 Desember 2015

PENGANTAR ILMU POLITIK BAB IV UNSUR-UNSUR NEGARA

B. Wilayah
akan halnya wilayah, dua negara dapat saling bertempur mati-matian karena persoalan wilayah, lihatlah inggris dan argentina berebut pulau malvinas, bahkan indonesia dan malaysia sempat menimbulkan ketegangan persoalan pulau sipadan dan ligitan yang kemudian lepas ke negara jiran tersebut, terlepas dari benar atau salah maka lepasnya timor timur menjadi negara timor leste, juga menjadi hujatan orang kepada presiden habibie karena memberikan dua opsi.

wilayah memang sangat penting bagi tegaknya negara, rakyat palestina sepanjang hidupnya menuntut haknya kepada dunia, bahwa tanah yang dikangkangi israel adalah wilayah milik mereka, india dan pakistan juga masih mempersoalkan kashmir. rusia bagaimanapun berbeda agama dengan negara-negara islam yang diinjaknya, terus menerus mengintimidasi negara negara tersebut, artinya wilayah memang sangat perlu bahkan mempunyai potensi yang handal untuk dikembangkan. letak suatu wilayah juga potensi yang mapan, negara kota seperti singapura sangat tepat untuk tempat kapal bongkar-pasang dan penggudangan barang-barang yang lewat dari asia ke eropa atau sebaliknya, sehingga andaikata dibuka semenanjung Kra (mengikuti terusan suez dan panama ) mengakibatkan kematian negara kecil ini, itulah sebabnya negara ini secara politik melirik kepada indonesia dan memang berhasil membeli saham indosat.

monaco hanya hidup dari perjudian orang orang eropa, yang beristirahat di laut tengah, jadi perbuatan tidak terpuji ini menjadi aset negara monaco, sehingga ketika raja reiner menikah dengan bintang film cantik Grace Kelly dulu, menjadi promosi yang handal bagi mereka,

semua aspek potensi wilayah harus dapat diidentifikasikan terutama faktor-faktor dominannya, pembahasan yang bersifat menyeluruh tetapi cukup menyatu dalam usaha mengtransformasikan potensi wilayah harus dikaji secara mendalam. letak strategis geografis dapat dirinci lebih lanjut dalam sejumlah faktor yang cukup dominan, seperti untuk menguasai perdagangan, lalu lintas laut, darat dan udara. serta daya tarik kepariwisataan, sehingga dengan demikian dapat diperhitungkan kondisi morfologi dan topografinya serta peruntukan tata ruang yang lain.

kekayaan alam yang terkandung dalam suatu wilayah negara terutama dilihat dari klasifikasinya yaitu mineral, energi yang dimiliki, kekayaan laut, serta sumber daya buatan, kemudian perlu pula diperhitungkan beberapa deposit tersedianya sumber kekayaan alam tersebut tingkat pengelolaannya, pola konsumsi dalam negeri dan kemungkinan eksport ke luar negeri, tingkat peranan pemerintah setempat dalam manajemen pemasaran dan pengelolaannya.

dari uraian ini dapat didefinisikan bahwa yang dimaksud dengan wilayah itu adalah lokasi atau arena tertentu dengan segala kandungan potensi wilayah dan semua kekuataan yang dapat dimanfaatkan (darat, laut, dan udara), baik yang sifatnya fisik maupun non fisik, secara kompleks keseluruhan tata ruang dan sumber kekayaan alam dalam tempat tersebut.

sekarang dunia memcatat bahwa seakan batas wilayah suatu bangsa dan negara karena kemajuan komunikasi di era globalisasi ini sedang dikocok oleh berbagai tekanan, baik ekonomi, politik, hukum, dan budaya. orang orang harus memperlihatkan jati diri dalam tantangan semuanya ini.

buktinya bagaimana sulitnya polisi mencegah intervensi dunia internasional dalam kasus peledakan bom, bagaimana sulitnya Presiden RI menolak keinginan australia dan singapura. kendati kedua negara ini dapat dibayangkan bagaimana sulitnya mereka bila indonesia menutup pintu gerbang australia dan bagaimana sulitnya negara sekecil singapura bila indonesia menggertaknya, sayang yang terjadi adalah sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...