Rabu, 02 Desember 2015

PENGANTAR ILMU POLITIK BAB IV UNSUR-UNSUR NEGARA

D. pengakuan
adanya pengakuan dari dalam dan luar negeri tentang eksisnya suatu negara adalah sangat penting, bagaimana jadinya suatu negara yang tidak diakui. ada dua jenis pengakuan yaitu dari dalam negeri sendiri dan dari luar negeri. pengakuan dari dalam negeri adalah kesediaan dan kerelaan warganegara dan pemerintah daerah untuk diperintah oleh pemerintah pusat yang syah. karena mengharapkan pengakuan dari warganegara sendiri itulah pemerintah mengadakan pemilihan umum agar masyarakat yang menentukan sendiri pemerintah mana yang mereka sukai. pemilihan ini ada yang bersifat perwakilan yaitu melalui perwakilan dari parlemen tetapi ada pula yang langsung antara rakyat pemilih dengan pemerintah memilih langsung

pengakuan dari luar negeri adalah dengan mengirim para duta besar berkuasa penuh yang mewakili suatu negara ke dalam negeri kita, sebaliknya negara kita mengirim duta besar dan konsul kita ke negara tersebut, untuk mewakili pemerintahan kita untuk berbagai hal seperti politik, ekonomi, pendidikan, keamanan, hukum, dan lain-lain. itulah sebabnya begitu seseorang memenangkan pemilihan presiden di suatu negara maka yang bersangkutan akan berkeliling ke luar negeri untuk mendapatkan pengakuan.

pengakuan eksistensi suatu pemerintahan negara oleh negara lain dimaksudkan sebagai kerelaan negara negara lain tersebut untuk mengakui suatu negara merdeka dan pemerintahannya adalah pemerintah yang sah serta berdaulat bahkan selain saling menukar para duta besar dan konsul juga diadakan kerja sama berbagai bidang.

oleh karena pemisahan diri suatu provinsi atau negara bagian yang berdiri sendiri seperti singapura dari malaysia dulu, ukraina dari uni soviet, bosnia herzegovina dari yugoslavia, serta pemisahan timor timur dari indonesia harus diakui oleh negara-negara dunia yang terhimpun dalam perserikatan bangsa-bangsa, itu pula sebabnya PBB sebagai organisasi terbesar dunia dicurigai terlalu campur tangan dalam membahas persoalan dalam negeri suatu negara yang semustinya diselesaikan sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...