Jumat, 18 Maret 2016

Dasar Dasar Akuntansi

A. Persamaan Akuntansi

sumber daya yang dimiliki perusahaan disebut aset dan aktiva (aset). contoh aset meliputi kas, tanah, gedung, dan peralatan. hak atau klaim atas aset biasanya dibagi berdasarkan dua jenis pemilik :
1. hak kreditor. hak kreditor mencerminkan utang perusahaan dan disebut kewajiban (liabilities).
2. hak pemilik. hak pemilik disebut ekuitas pemilik (owner's equity).
hubungan antara keduanya dapat membentuk persamaan sebagai berikut:

aset (harta) = kewajiban (utang) + ekuitas pemilik (modal)

persamaan ini dikenal sebagai persamaan akuntansi (accounting equation). kewajiban biasanya disebutkan sebelum ekuitas pemilik dalam persamaan akuntansi karena kreditor memiliki hak pertam atas aset. hak pemilik kadang diberikan penekanan lebih dengan memindahkan kewajiban di sisi lain persamaan tersebut.

aset - kewajiban = ekuitas pemilik

contoh : jika aset yang dimiliki perusahaan sejumlah rp. 100.000.000 dan kewajiban sebesar Rp. 30.000.000, maka ekuitas pemilik sama dengan Rp. 70.000.000, seperti rumus berikut ini :
aset - kewajiban = ekuitas pemilik
Rp. 100.000.000 - Rp. 30.000.000 = Rp. 70.000.000

aset (asset) , aktiva , harta.

adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan.

aset perusahaan berasal dari transaksi atau peristiwa lain yang terjadi di masa lalu. perusahaan biasanya memperoleh aset melalui pengeluaran berupa pembelian atau produksi sendiri. akan tetapi, tidak adanya pengeluaran yang bersangkutan tidak mengecualikan suatu barang atau jasa memenuhi definisi aset, misalnya barang atau jasa yang telah didonasikan kepada perusahaan dapat dianggap sebagai aset.


jenis - jenis aset (asset), aktiva, harta

terdiri atas dua :

1. aktiva lancar,
adalah aktiva yang paling likud, artinya paling cepat untuk dikonversi / diubah menjadi uang tunai atau kas, dan aktiva lancar ini memiliki siklus / perputaran dan masa manfaat yang relative singkat, yaitu satu tahun. aktiva ini bukan berarti hanya bermanfaat dalam satu tahun saja, tetapi karena perputaran yang sangat cepat maka aktiva yang sebelumnya mudah sekali untu habis, dan akan tergantikan dengan aktiva lainnya, begitu seterusnya hingga pada akhir tahun harus ada tutup buku. contoh : kas, investasi jangka pendek, piutang usaha, wesel tagih, penghasilan yang masih akan diterima, persediaan, perlengkapan ditangan, beban dibayar di muka, dan lain-lain.

2. aktiva tidak lancar.
aktiva ini merupakan aktiva dengan siklus dan masa manfaat yang cukup lama, yang pasti lebih dari satu tahun. aktiva ini terbagi menjadi tiga, yaitu aktiva tetap, aktiva tidak berwujud, dan investasi jangka panjang.

aktiva tidak lancar dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1. aktiva tetap, adalah aktiva yang berwujud secara fisik dan digunakan serta dimanfaatkan untuk kegiatan produksi barang dan atau jasa oleh perusahaan secara terus menerus. perusahaan memiliki aktiva ini bukan bertujuan untuk dijual kembali, namun hanya untuk produksi saja, dan aktiva ini hanya akan dijual ketika aktiva tersebut dinilai kurang bermanfaat, habis manfaatnya, perlu diganti, rusak, dan sebagainya. contoh aktiva yang termasuk dalam aktiva tetap adalah sebagai berikutt : tanah, bangunan, mesin, kendaraan, peralatan, dan sebagainya.

2. investasi jangka panjang,aktiva ini meliputi semua investasi jangka panjang yang sebelumnya atau sekarang telah dilakukan oleh perusahaan. misalnya perusahaan A berinvestasi di perusahaan B, maka nantinya perusahaan A harus mencatat aktivanya yang berupa investasi di dalam neraca.

3. aktiva tidak berwujud, aktiva ini merupakan aktiva yang tidak nampak namun memiliki nilai manfaat bagi perusahaan. contoh aktiva tak berwujud adalah sebagai berikut : hak paten, hak guna bangunan, hak sewa, goodwill, dan lain lain.

hutang, liabilitas (liabilities)

adalah kewajiban perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi.

modal, ekuitas (equity)

adalah modal yang diinvestasikan dalam suatu usaha ( ekuitas dalam akuntansi merupakan penambahan dari profit selama tahun-tahun berjalan dengan modal mula mula ) dan

persamaan akuntasi : aset = kewajiban ekuitas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...