Jumat, 29 Mei 2015

10 KEBIASAAN BELAJAR YANG KITA RASAKAN KETIKA JADI MAHASISWA

1. Nongkrong sambil belajar
Yap! Waktu nongkrong kita dijamin bakal lebih banyak dibandingkan waktu SMA dulu. Kita bahkan akan sering mencari spot internet di kafe buat mengerjakan tugas.


2. Mendadak jadi anak perpus
Nah... Bakal datang momen di mana kita mendadak jadi anak perpus. Biasanya, momen itu datang menjelang UAS alias Ujian Akhir Semester dan pastinya saat momen bikin skripsi. Hi-hi-hi.


3. Jadwal kelas enggak menentu
Tiba-tiba aja dosen bisa memberikan kelas pengganti di akhir pekan padahal kita udah punya janji nongkrong sama geng kesayangan. Kadang, kalau dosen enggak sempat mengajar di minggu tertentu, ia akan mengganti kelasnya di akhir pekan atau di hari lain.


4. Atur jadwal sendiri
Saat kuliah, kebijakan umum banyak universitas di Indonesia memperbolehkan kita untuk mengatur jadwal kelas kuliah sendiri. Jadi, kita bisa menyesuaikan jadwal mata kuliah dengan kegiatan lain kita di luar kuliah. Misalnya, bekerja sebagai freelance.


5. Atur masa depan sendiri
Ini dia kebiasaan penting yang harus dipupuk dengan baik. Saat kuliah, kita akan belajar untuk mengatur masa depan kita sendiri yaitu dengan mengatur kapan kita pengin lulus. Karena jadwal yang fleksibel dan ditambah waktu nongkrong yang lebih banyak, hal itu bisa membuat kita jadi tergiur untuk main-main. Jadi, semua itu ada di tangan kita. Apakah kita pengin cepat lulus, lulus dengan waktu standar atau lulus lebih lama?


6. Pinjam catatan teman
Hi-hi-hi. Ini kebiasaan yang juga sering terjadi kalau kita udah jadi mahasiswa. Minggu-minggu menjelang ujian, kita akan mulai melengkapi catatan dengan fotokopi catatan teman.


7. Atau... Meminjamkan catatan ke teman
Karena terkenal rajin dan fokus di kelas, catatan kita selalu dijadikan bahan fotokopi buat teman-teman. Hmm... Mau jadi yang mana, girls? Pinjam atau meminjamkan? Pastinya, mencatat sendiri materi kuliah akan lebih membuat kita lebih mengerti dan paham.

8. Memakai satu binder
Kebiasaan umum di sekolah, kita sering memakai beberapa buku untuk beberapa mata pelajaran. Nah, ketika kita kuliah, kita akan lebih suka memakai satu binder yang dipakai untuk mencatat materi untuk berbagai mata kuliah.


9. Laptop adalah sahabat
Waktu jaman sekolah, laptop mungkin bukan keharusan. Tapi, saat kuliah, kita akan bersahabat banget sama laptop. Tugas-tugas, bahan presentasi, materi kuliah dari dosen dan sebagainya bakal tersimpan rapi dalam laptop. Saat kuliah pun kita bakal bawa laptop sebagai pengganti buku catatan.


10. Rajin membaca buku
Kita bakal lebih rajin membaca buku-buku materi kuliah. Dan, yang bikin kita makin kece aja, kita bakal membaca buku-buku tebal dengan ukuran tulisan sangat kecil dan berbahasa Inggris.

sumber: http://www.kawankumagz.com/read/10-kebiasaan-belajar-yang-kita-rasakan-ketika-jadi-mahasiswa-bagian-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...