Selasa, 10 Januari 2017

EKONOMI KREATIF



Sejarah ekonomi kreatif

Seni dan budaya manusia telah tumbuh sejak awal peradaban dan berkembang pesat dalam peran pentingnya di berbagai tonggak peradaban manusia di masa lalu. Namun, pembabakan ekonomi kreatif diulas dari zaman modern, yaitu pada Era Pencerahan (Enlightment) sebagai asal mula pemikiran dunia modern.


Menurut definisi Jhon Howkins, Ekonomi Kreatif adalah kegiatan ekonomi dimana input dan outputnya adalah Gagasan.
Menurut Harmaizar Z dalam buku "Menangkap peluang Usaha" .
Menurut Pakar bisnis J.C Larecce dalam sebuah hasil risertnya menemukan bahwa keyakinan untuk Memanfaatkan momentum artinya kita harus pandai-pandai mencari cela dan memanfaatkannya dan ini sangat erat kaitannya dengan analisa SWOT (Strength Weakness opportunities Threat).

Subsektor ekonomi kreatif
1. Periklanan
2. Arsitektur
3. Pasar barang seni
4. Kerajinan
5. Desain
6. Fashion
7. Video,film,dan fotografi
8.Permainan interaktif
9.Musik
10.Seni pertunjukkan
11.Penerbitan dan percetakan
12.Layanan komputer dan piranti lunak
13.Televisi dan radio
14.Riset dan pengembangan


Ekonomi kreatif di Indonesia
tahap kesatu (2005 - 2009)
menata kembali dan meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap ekonomi kreatif di segala bidang yang ditujukan untuk meningkatkan upaya penciptaan nilai tambah berbasis budaya.

tahap kedua (2010 - 2014)
menata kembali pengembangan ekonomi kreatif dan memperkuat SDM dan kelembagaan pengembangan ekonomi kreatif yang ditujukan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pengembangan ekonomi kreatif.

tahap ketiga (2015 - 2019)
memantapkan pengembangan ekonomi kreatif dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas dengan kemampuan pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat.

tahap keempat (2020 - 2014)
mengarusutamakan kreativitas dan mewujudkan daya saing global berlandaskan keunggulan kompetitif di seluruh wilayah indonesia yang SDM berkualitas ; sumber daya alam dan budaya lokal ; industri berdaya saing, dinamis, beragam, dan berkelanjutan, serta iklim usaha yang kondusif.

2025
ekonomi kreatif sebagai penggerak terciptanya indonesia yang berdaya saing dan masyarakat berkualitas hidup.


Permasalahan dan Tantangan
jika orientasi kebijakannya hanya untuk membina potensi atau merawat potensi kreatif penduduk Indonesia sehingga bernilai ekonomi,maka ekonomi kreatif sebagai nomenklatur dalam suatu struktur pemerintahan,menjadi relevan,akan tetapi bila orientasinya tidak sekedar menumbuhkan potensi ekonomi dari kegiatan kreatif penduduk, namun lebih jauh untuk menggenjot kegiatan kreatif penduduk menjadi suatu industri tersendiri yang kuat dan besar yang mampu menyumbangkan PDB yang signifikan,maka tentu saja yang tepat adalah dengan menggunakan nomenklatur industri kreatif

Kreativitas yang dituntut dalam ekonomi kreatif bukan hanya sekadar memodifikasi ulang > Menciptakan produk baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...