Rabu, 01 Juli 2015

SOAL DAN JAWABAN BAHASA INDONESIA

1.     Tahu pekerjaan tak baik tetapi dikerjakan
Bukannya manusia itulah syaitan
Maksud gurindam di atas yang tepat adalah: melakukan pekerjaan yang tidak terpuji adalah perilaku setan, bukan perilaku manusia

2.     Perwatakan yang ia tampilkan dalam diri tokoh tokoh yang ia ciptakan sangat hidup seperti, tokoh monang yang merupakan perwujudan sifat sifat yang dimiliki oleh banyak pria, begitu dengan tokoh manen. Karakter yang dmilikinya sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Si penulis juga mampu mengetengahkan tokoh tokoh lain yang dapat memperkuat karakter tokoh utamanya.
Unsur instrinsik yang paling dominan dalam petikan resensi di atas adalah: penokohan

3.     1) dengan menggunakan internet, kita dapat mengakses sumber sumber informasi secara cepat dan tanpa batas.
2) kita dapat berkomunikasi antarpribadi atau secara massal dan dapat dilakukan di mana saja di seluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik.
3) kita dapat menyebarkan (publish) informasi yang bisa diakses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu singkat.
4) kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing.
5) dengan demikian, kita juga bisa melakukan chat melalui jaringan gratis chat yang sangat luas yaitu Mirc.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor: 2

4.     Seorang penyaji menyampaikan makalahnya dengan topik ‘’pengaruh rokok terhadap kesehatan’’. Selain pengaruh negatif disampaikan pula pengaruh pengaruh positif. Seorang peserta menolah pendapat tentang pengaruh pengaruh positif tersebut.
Kalimat penolakan yang tepat dan sesuai dengan santun diskusi adalah: saudara mederator, pendapat tersebut perlu ditinjau kembali karena kenyataannya pengaruh positif merokok sukar dibuktikan.

5.     Hazil menundukkan matanya, mengelakkan pandangan guru isa. Aku berkhianat, aku khianati dia, tuduhnya pada diri sendiri, sekarang dia di sini menghadapi siksaan seperti aku, karena aku pengecut, tidak tahan siksaan, dan hazil menundukkan kepalanya ke dadanya, penuh malu kelaki lakiannya dan malu persahabatan yang dikhianati, dan menangis terisak isak seperti anak kecil.
Pendeskripsian watak aku pada penggalan novel di atas adalah: melalui reaksi tokoh

6.     ..., persoalan menulis buku tidak terletak ... bakat, .... lebih pada masalah mental. Singkirkan anggapan ... menulis itu sulit. Yakinlah bahwa semua orang mempunyai bakat menulis. Apa pun bisa dipelajari termasuk menulis buku. Kuncinya terletak pada kemauan. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah : jadi, pada, tetapi, bahwa

7.     Sebuah rumah tinggal di jl. Kemenangan 3 RT 10/02, kelurahan glodok, jakarta barat terbakar, selasa (11/8) sore. Api diperkirakan berasal dari pekerja las yang sedang memasang awning (krei) di dinding kompleks sekolah ricci yang menempel di dinding rumah tersebut. Dengan delapan unit mobil pemadam, api sudah bisa dipadamkan satu setengah jam kemudian, pukul 18.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.
Kalimat tanya yang tepat untuk menanyakan fakta pada paragraf di atas adalah: berapakah jumlah korban jiwa dalam kebakaran tersebut?

8.      Ahli matematika muslim fenomenal di era keemasan islam ternyata bukan hanya al-khawarizmi. Pada abad ke-10 m, peradaban islam juga pernah memiliki seorang matematikus yang tak kalah hebat dibandingkan khawarizmi. Matematikus khawarizmi yang namanya terbilang kurang akrab terdengar itu bernama abu wafa al-buzjani. ‘’ia adalah salah satu matematikus terhebat yang dimiliki peradaban islam, ‘’papar bapak sejarah sains, george sarton dalam bukunya bertajuk introduction to the history of science.
Isi penggalan biografi di atas yang tepat adalah: selain al-khawarizmi, ahli matematika muslim fenomenal di era keemasan islam adalah abu wafa al-buzjani.

9.     1) dengan demikian, surat lamaran pada prinsipnya sama dengan surat penawaran.
2) jasa yang ditawarkan tersebut bisa berupa pendidikan, pengetahuan, pengalaman, kecakapan, keterampilan, ataupun kepribadian seseorang yang ditulis secara singkat.
3) data yang ditulis lengkap dan singkat tersebut disebut data kualifikasi.
4) surat lamaran atau surat permohonan pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk dapat memperoleh pekerjaan.
5) dalam surat lamaran pekerjaan seseorang menawarkan jasa yang akan diberikan pelamar pada kantor/ instansi yang dilamar.
Urutan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraf yang padu adalah: 4,1,5,2,3

10.                        ....
Bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan telah menjadi jembatan persatuan negeri yang kita cintai ini. Sejak dideklarasikan oleh para pemuda yang dikenal dengan sumpah pemuda, bahasa indonesialah yang menjadikan kita mempunyai semangat yang sama untuk bebas dari penindasan penjajah. Semangat itu diwujudkan untuk terus bersatu dan bahu membahu untuk terus berjuang mengusir ketidakadilan. Pada masa pembangunan ini tentunya kita harus tetap bangga karena mempunyai bahasa persatuan yang hal ini belum tentu dimiliki oleh negara negara lain .....
Kalimat persuasif yang tepat untuk mengakhiri penggalan pidato di atas adalah: oleh karena itu, marilah senantiasa kita bina bahasa indonesia sebagai warisan yang luhur dari para pahlawan sumpah pemuda kita dengan berbahasa indonesia yang baik dan benar.

11.                         Penerbit buku yang ... biasanya mencari ide buku yang ... , bukan ide yang sama dengan buku yang sejenis. Banyak pengarang buku yang menawarkan naskah buku yang ... tidak jauh beda penyajiannya dengan buku sejenis yang sudah ada. Buku semacam ini biasanya tidak diminati penerbit. Tema buku boleh sama tetapi cara penyajian, kedalaman, dan sudut pandangnya harus berbeda dengan buku lain yang sejenis.
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf diatas adalah: inovatif, selektif, relevansinya

12.                         1) dunia pendidikan kita belum mampu menghasilkan output yang mandiri dan survive dalam persaingan global.
2) lulusan perguruan tinggi kita belum mampu berkopetensi dalam sektor ketenagakerjaan karena kurangnya kemampuan dan keilmuan yang dimilikinya.
3) di sisi lain, ketidakrelevanan sistem pengajaran di lembaga pendidikan telah melahirkan format format pendidikan baru yang lebih menjanjikan bagi lulusannya untuk meraih peluang kerja.
4) selain itu, paradigma lama masyarakat kita tentang pekerjaan pun harus diluruskan.
5) budaya lama masyarakat dalam melihat paradigma ketenagakerjaan harus ditinggalkan.
6) budaya bangga menjadi seorang pegawai dan bergantung pada orang lain harus dibuang dan dikubur jauh jauh.
7) penguburan ituu perlu dilakukan untuk membentuk paradigma baru bahwa bekerja merupakan kewajiban pribadi setiap insan.
Kalimat berikut yang tidak sesuai dengan isi paragraf di atas adalah: budaya lama masyarakat dalam melihat paradigma ketenagakerjaan harus ditinggalkan.

13.                        Jumlah wanita yang akan diwawancarai kami tetapkan sebanyak 30 orang. Mereka kami pilih yang sedikitnya berpendidikan SLTA agar mampu mengerti pertanyaan pertanyaan yang akan diajukan. Kenyataan yang kami hadapi hanya 3 orang saja (10%) yang berpendidikan SLTA, sedangkan lainnya berpendidikan akademi atau universitas. Langkah selanjutnya, pewawancara saya tentukan wanita juga dan harus sudah cukup dikenal oleh responden sehingga dari mereka lebih banyak jawaban yang keluar. Untuk itu, hendra dan uddin menggerahkan teman temannya untuk melakukan wawancara.
Mencermati isinya, penggalan di atas termasuk laporan hasi: penelitian (pengkajian)

14.                        Jam kota menunjukkan pukul lima sore saat hujan mengguyur kota yogya. Begitu derasnya hingga hampir sepanjang jalan yang kulewati sepi tak berpenghuni. Sangat jarang kulihat orang berkendara atau pejalan kaki tergesa gesa untuk pergi menjauhi air yang jatuh dari langit. Mungkin hanya empat atau lima orang saja yang bersikeras mencabuk mesinnya untuk berlari dalam hujan.

Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam cuplikan cerpen diatas adalah: orang pertama pelaku utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...