Sabtu, 04 Juli 2015

SOAL DAN JAWABAN BAHASA INDONESIA

1. Di sattu pihak sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan koperasi sejak Pelita 1, koperasi diberi peranan luas dalam pembangunan di segala sektor karena koperasi mampu berfungsi sesuai semangat, jiwa, dan tujuannya. Sedang di lain pihak, dalam rangka peningkatan produksi dan kesejahteraan rakyat di pedesaan, pemerintah menganjurkan kepada pemerintah daerah agar membentuk organisasi organisasi koperasi di tingkat desa, yaitu Koperasi Unit Desa atau KUD.
Jenis paragraf di atas adalah:
persuasi

2. June berasal dari keluarga penulis. Kedua orang tuanya mencari nafkah dari menulis. Ibunya seorang penulis novel dan ayahnya seorang dosen. Kakak laki lakinya adalah seorang wartawan. Selama masa hidupnya June merasa terintimidasi oleh sebutan keluarga penulis. Ia dihadapkan pada situasi yang mengharuskan ia bisa menulis. Bila ada yang memintanya menulis, ia menolak dengan alasan bakat keluarganya dalam menulis sudah habis.
Penggalan karangan tersebut disampaikan secara:
narasi

3. Jika anda ditugasi untuk membuat laporan pengamatan secara rinci tentang segala aspek yang berkaitan dengan pedagang kaki lima (penyebaran, peranannya, dampak negatif, dampak positif, kesemrawutan lingkungan, kekumuhan kota, keamanan, dan ketertiban) maka bentuk karangan yang tepat ialah:
deskripsi

4. Yang bukan merupakan bagian dari kerangka karangan deskripsi tentang Pantai Sanur di Bali ialah:
upaya pengembangan pariwisata

5. Kalimat yang tepat untuk meyakinkan seseorang tentang manfaat menabung ialah:
Dengan menabung anda dapat bermanfaat

6. Ketika matahari hampir terbenam, kami sampai di tepi pantai. Laut dan langit biru terlihat sangat jernih. Di belakang kami tampak gunung hijau kebiruan. ..... Di atas laut tampak warna gemerlap, kapal nelayan yang tampak kecil ikut menghiasi pemandangan.
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang paragraf diatas adalah:
Ombak dan riak gelombang menambah syahdunya suasana dan pemandangan kala itu.

7. Syarat judul karangan yang tepat adalah:
singkat, pembangkitan semangat

8. Bentuk karangan berikut digolongkan ke dalam karangan fiksi, kecuali:
esai

9. Jika anda menulis deskripsi tentang Candi Borobudur yang diuraikan adalah:
lokasi candi, bentuk bangunan, letak geografisnya, dan jumlah pengunjung tiap bulannya

10. Membacakan berita dapat menjadi suatu pengalaman yyang menyenangkan bagi sang pembaca dan pendengarnya jika pembacaan dilakukan dengan baik. untuk dapat perlu berlatih lafal dan pengucapan yang jelas, intonasi yang benar, dan sikap yang benar.
Kalimat simpulan yang tepat paragraf eksposisi di atas adalah:
Dengan demikian, membaca berita perlu persiapan yang matang agar hasil pembacaan dapat ditangkap inti informasinya oleh pendengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...