Jumat, 03 Juli 2015

SOAL DAN JAWABAN BAHASA INDONESIA

1. Dari uji praklinik maupun klirik, dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian secara alamiah mengenai kemampuannya menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal maupun diabetes. Dialporkan, ekstrak air buah pare menunjukkan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada mencit normal maupun diabetes yang diinduksi streptozotosin.
Gagasan yang terkandung dalam penggalan wacana tersebut adalah:
hasil uji praklinik tentang pare

2. Pada hakikatnya pekerja adalah aset perusahaan yang perlu mendapat perlindungan mengenai keselamatan dan kesehatan kerjanya. Pada masa lalu program keselamatan kerja bersifat mengatasi kecelakaan yang sudah terjadi, tetapi sekarang lebih bersifat preventif yakni memperkirakan apa yang akan terjadi. Bila akibat kerja dapat dihindarkan perlu dilakukan upaya kuratif dan rehabilitatif. Pekerja yang mengalami cacat kerja akan dievaluasi serta ditetapkan tingkat kecelakaannya sebelum menerima Jamsostek.
Gagasan utama paragraf di atas adalah:
Pekerja adalah aset perusahaan yang perlu perlindungan.

3. Alalt ini bekerja melalui tiga tahap proses radiasi (pemindahan panas matahari melalui kaca bening), konveksi (pengaliran panas melalui rongga udara dari sela sela kaca bening dan sering bergelombang), dan konduksi (penghantaran panas dari seng bergelombang ke kotak pengeringan yang terbuat dari seng). Dengan suhu yang dihasilkan sekitar 51 derajat Celcius, pengering ini selain berguna untuk mengeringkan pakaian, cocok untuk mengeringkan empon-empon, tanaman untuk jamu.
Paragraf di atas merupakan penggalan karangan yang bertema:
alat pengering tenaga surya

4. Yang kedua, kita menyayangkan generasi muda yang merusak masa depan mereka dengan menyia-nyiakan kesempatan. Padahal setiap tahun jutaan pelajar SMA tidak mampu meneruskan pendidikan ke PT karena kesulitan ekonomi. Padahal dari waktu ke waktu saja untuk bisa bersaing mendapatkan tempat bekerja semakin berat. Artinya, mahasiswa tidak cukup lagi menguasai ilmu yang dipelajari di kampus, tetapi juga kemampuan ekstra lainnya.
Paragraf di atas mengandung pesan/amanat:
Generasi muda hendaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan dan merusakkan masa depannya sendiri.

5. Makanan berlemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan pengerasan, penyempitan, atau bahkan penyumbatan itu terjadi pada pembuluh darah jantung (arteriacoronaria), maka dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. Dan, jika terjadi pada pembuluh darah otak, hal itu menimbulkan stroke.
Gagasan utama bacaan di atas adalah:
makanan yang berlemak jenuh

6. Masalah narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) sebaiknya menjadi salah satu mata pelajaran pada setiap sekolah dasar sampai perguruan tinggi ....
Untuk menyelesaikan paragraf di atas menjadi paragraf deduktif, kalimat di bawah ini yang paling tepat digunakan adalah:
Hal ini dimaksudkan agar para siswa mempunyai pengetahuan yang membuat mereka sadar untuk tidak menggunakannya.

7. Sebuah kerangka karangan terdiri dari hal-hal sebagai berikut:
1. Pendahuluan
2. Penggolongan puskesmas
3. Sasaran Puskesmas
4. Jenis layanan di Puskesmas, Pemeriksaan, pengobatan, penyuluhan
5. Penutup
Tema yang tepat untuk kerangka karangan adalah:
Peranan Puskesmas bagi masyarakat

8. Arus urbanisasi yang kian meningkat perlu mendapat perhatian yang serius dari aparat pemerintah. Oleh sebab itu, diharapkan seluruh masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi guna menekan arus urbanisasi yang kian meningkat. Berbagai masalah kini bermunculan akibat arus urbanisasi yang sulit dihentikan.
Kota-kota semakin padat. Secara otomatis tempat tinggal menjadi kurang memadai. Lapangan kerja menjadi berkurang sehingga tidak mustahil bila banyak terjadi kasus kriminalitas demi sesuap nasi. Kesehatan menjadi menurun karena lngkungan yang kumuh dan semakin banyak pencemaran. Hal-hal semmacam itu tentunya sangat mengganggu jalannya pembangunan.
Berikut in adalah kesimpula dari informasi yang disajikan pada paragraf di atas kecuali:
Pemerintah sangat memperhatikan arus urbanisasi yang kian meningkat

9. Menurut pemantauan Kompas hingga Sabtu (10/6), kehadiran kaki lima di Ibu Kota sebenarnya merupakan hal biasa. Namun, kini keberadaan mereka sangat marak. Mereka tidak sekedar menggelar dagangan mereka menggunakan tenda plastik atau terpal serta peralatan gerobag dorong. Namun, mereka memperkuat usahanya dengan membangun kios-kios semi dan permanen yang juga bisa mereka gunakan untuk tempat tinggal.
Maksud paragraf di atas ialah:
Pedagang kaki lima sedang  marak di Jakarta.

10. Apabila seseorang tersangkut perkara dan harus diajukan ke pengadilan, maka ia boleh minta bantuan seorang pengacara. Pengacara yang disebut juga advokat atau pembela perkara adalah ahli hukum yang memberi bantuan hukum dengan nasihat maupun langsung memberikan pembelaan kepada orang yang tersangkut perkara dalam persidangan. Seorang pengacara membela hak dan kepentingan kliennya dalam batas batas yang dibenarkan hukum. Untuk itu, ia dibayar sebagai imbalan jasanya. Namun, bila terdakwa ternyata tidak mampu (miskin), ada juga pengacara yang bersedia membela secara cuma-cuma.
Tema paragraf di atas adalah:
Seorang pengacara membela hak dan kepentingan kliennya dalam batas-batas yang dibenarkan hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...