Sabtu, 07 November 2015

produk industri pariwisata


2. produk industri pariwisata

Untuk memasarkan suatu produk, seorang pemasara harus dan mutlak terlebih dahulu mengetahui secara detail produk yang akan dipasarkannya.
‘’ The product covers
The complete experiences from the time he (tourist)
(S. Medlik and Middleton dalam The Tourist Product and
It Implications, 1072).

Menurut batasan ini, yang dimaksudkan dengan produk industri pariwisata adalah : ‘’ semua bentuk pelayanan yang dinikmati wisatawan semenjak ia berangkat meninggalkan tempat dimana ia biasa tinggal hingga ia kembali pulang ‘’. Batasan ini penulis lengkapi sebagai :

‘’ produk industri pariwisata adalah semua bentuk pelayanan yang dinikmati wisatawan, semenjak ia meninggalkan tempat dimana ia biasa berdiam, selama berada di daerah tujuan wisata yang dikunjungi, hingga ia kembali pulang ke tempat asalnya semula’’.

Victor T.C. Middleton dalam buku Marketing In Travel and Tourism memberi batasan produk ndustri pariwisata sebagai berikut:

·         ‘’ The product may be defined as a budle or package of tangible and intangible components, based on activity at a destination’’.
·         ‘’ There are five main components in the total product which are discussed below:
-          Destiation Attractions
-          Destination Facilities and Services
-          Accessibilities of The Destinations
-          Image of The Destinations
-          Price To The Consumers

Bila diperhatikan dan dipelajari lebih dalam batasan itu, maka pada dasarnya produk industri pariwisata terdiri dari tiga komponen yang satu dengan yang lain sangat erat hubungannya, yaitu:

2.1. acessibilities of the tourist destination
Yaitu semua yang dapat memberi kemudahan kepada wisatawan untuk datang berkunjung pada suatu daerah tujuan wisata (DTW). Termasuk dalam kelompok ini adalah:

·         Infrastructure : airport, seaport, railways, highway, roads, bridges.
·         Transportations: airline, cruisership, hovercraft, coach bus, taxis, and tourist buses.
·         Government procedure : tarif regulation, frequencies of services and price changed.

2.2 facilities of the tourist destination

Bila accessibility fungsinya memberi kemudahan untuk berkunjung, maka dalam hal ‘facilities’ fungsinya adalah memenuhi kebutuhan wisatawan selama tinggal untuk sementara waktu di DTW yang dikunjungi. Termasuk dalam kelompok ini menurut Victor T.C. Middleton adalah:

·         Accomodation units : hotels, motels, appartment villas, campingsite, caravan parks, hostels, and condominium.
·         Restaurants, bars & cafe : ranging from, fastfood through to luxury restaurants.
·         Transportations at the destination : taxis, coaches, car rental, cycle hire.
·         Sports and activities : skiing, golfing, sailing, fishing, hunting, etc.
·         Others facilities : handicraft, arts, souveniers, guiding cource.
·         Retail outlets : local travel agent, film and camera supplies, drug stores, etc.
·         Others services: hairdressing, tourist information center, tourist police, etc.

2.3 tourist attractions

Yaitu semua yang menjadi daya tarik mengapa wisatawan tertarik datang berkunjung pada suatu daerah tujuan wisata (DTW).  Termasuk ke dalam kelompok ini adalah :

·         Natural attractions : lanscape, seascape, beaches, climate, and others geographical features of the destinations.
·         Cultural attractions : history and folklore, religion, art, theatre, entertainments and museums, ums, special events, festivals and pegeants.
·         Social attractions: the way of life of the resident populations, languages, and opportunities for social encounters.
·         Bulit attractions: building, historic and modern architecture, monuments, parks, gardens, marinas, ski slopes, industrial archaelogy, visitor attractions, golf courses, special shops and themed retail areas.

Bila kita perhatikan apa yang dinikmati wisatawan semenjak berangkat, selama dalam perjalanan wisata yang dilakukan, hingga wisatawan kembali pulang ke tempat asalnya, pelayanan yang dinikmatinya merupakan kombinasi dari tiga komponen accessibilites of the destinations, facilities of the tourist destination, dan tourist attraction of the tourist destinations.

Pada setiap kunjungan pada kota persinggahan (bangkok, hongkong, dan singapura), wisatawan akan menikmati (mendapat pelayanan) dari perusahaan perusahaan kelompok industri pariwisata yang fungsinya sama, walau lokasinya berjauhan satu dengan lain, namun semuanya ini dimungkinkan profesionalitas yang dimiliki tour operator yang menyusun, menjual dan menyelenggarakan paket wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...