Jumat, 18 Agustus 2017

Model pengamatan campuran (mixed scannning)



Model pengamatan campuran (mixed scannning)

Amitai etzioni mencoba membuat gabungan antara model rasional komprehensif dan model inkremental dengan menyarankan penggunaan mixed scanning. Pada dasarnya ia menyetujui model rasional, namun dalam beberapa hal ia juga mengkritiknya. Demikian juga, ia melihat pula kelemahan-kelemahan model pembuatan keputusan inkremental. Menurut etzioni, keputusan yang dibuat para inkrementalis merefkleksikan kepentingan kelompok-kelompok yang paling kuat dan terorganisir secara politik diabaikan. 

Di samping itu, dengan memfokuskan pada kebijakan kebijakan jangka pendek dan terbatas, para inkrementalis mengabaikan pembaruan sosial yang mendasar. Keputusan keputusan besar dan penting, seperti pernyataan perang dengan negara lain tidak tercakup dalam inkrementalisme. Sekali pun jumlah keputusan yang dapat diambil dengan menggunakan model rasional terbatas, tetapi keputusan keputusan yang mendasar menurut etzioni adalah sangat penting dan seringkali memberikan suasana bagi banyak keputusan yang bersifat inkremental.

Etzioni memperkenalkan mixed scanning sebagai suatu model terhadap pembuatan keputusan yang memperhitungkan keputusan keputusan pokok dan inkremental, menetapkan proses proses pembuatan kebijakan pokok dan urutan tinggi yang menentukan petunjuk petunjuk dasar, proses proses yang mempersiapkan keputusan keputusan pokok dan menjalankannya setelah keputusan itu tercapai. Untuk menjelaskan mixed scanning, etzioni memberi gambaran sebagai berikut: ‘’kita beranggapan akan membuat sistem pengamatan cuaca seluruh dunia dengan menggunakan satelit satelit cuaca. Pendekatan rasionalistis akan menyelidiki keadaan keadaan cuaca secara mendalam dengan menggunakan kamera kamera yang mampu melakukan pengamatan pengamatan dengan teliti dan dengan pemeriksaan pemeriksaan terhadap seluruh angkasa sesering mungkin. Hal ini akan memberikan banyak hasil pengamatan secara terperinci, biaya yang mahal untuk menganalisisnya dan kemungkinan membebani kemampuan kemampuan untuk mengambil tindakan (misalnya, pembentukan awan kecil yang dapat berkembang menjadi badai atau menimbulkan hujan untuk daerah daerah kering). Inkrementalisme akan memusatkan pada daerah daerah itu serta pola pola yang serupa yang berkembang pada waktu yang baru lalu dan barangkali di beberapa wilayah terdekat. Dengan demikian, inkrementalisme mungkin tidak dapat mengamati tempat tempat yang kacau di daerah daerah yang tidak dikenal.

Strategi penyelidikan campuran (mixed scanning strategy) menggunakan elemen elemen dari dua pendekatan dengan menggunakan dua kamera, yakni : sebuah kamera dengan sudut pandang lebar yang mencakup semua bagian luar angkasa, tetapi tidak sangat terperinci dan kamera yang kedua membidik dengan tepat daerah daerah yang diambil oleh kamera pertama untuk mendapatkan penyelidikan yang mendalam. Menurut etzioni, daerah daerah tertentu mungkin luput dari penyelidikan campuran ini, namun pendekatan ini masih lebih baik dibandingkan dengan inkrementalisme yang mungkin tidak dapat mengamati tempat tempat yang kacau di daerah daerah yang tidak dikenal.

Dalam penyelidikan campuran pada pembuat keputusan dapat memanfaatkan teori teori rasional komprehensif dan inkremental dalam situasi situasi yang berbeda. Dalam beberapa hal, mungkin pendekatan inkrementalisme telah cukup memadai namun dalam situasi yang lain dimana masalah yang dihadapi berbeda, maka pendekatan yang lebih cermat dengan menggunakan rasional komprehensif mungkin jauh lebih memadai. Penyelidikan campuran juga memperhitungkan kemampuan kemampuan yang berbeda dari para pembuat keputusan. Semakin besar kemampuan para pembuat keputusan memobilisasi kekuasaan untuk melaksanakan keputusan, maka semakin besar pula penyelidikan campuran dapat digunakan secara realistis oleh para pembuat keputusan. Menurut etzioni, bila bidang cakupan penyelidikan campuran semakin besar, maka akan semakin efektif pembuatan keputusan tersebut dilakukan.

Dengan demikian, penyelidikan campuran merupakan suatu bentuk pendekatan ‘’kompromi’’ yang menggabungkan penggunaan inkrementalisme dan rasionalisme sekaligus. Namun demikian, etzioni tidak memberi penjelasan yang cukup memadai menyangkut bagaimana pendekatan itu bisa digunakan dalam praktiknya. Walaupun begitu, pendekatan yang ditawarkan etzioni tersebut dapat membantu mengingatkan kenyataan kenyataan penting bahwa keputusan berubah secara besar besaran dan proses keputusan yang berbeda adalah wajar sejalan dengan sifat keputusan yang berubah ubah tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...