Selasa, 26 Juni 2018

Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi



·         Ciri khas perangkat lunak pengolah kata adalah mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat hingga membentuk suatu paragraf. Sekumpulan paragraf membentuk satu halaman. Akhirnya , kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang disebut sebagai berkas (file) atau dokumen.

·         Charles Simonyl
Banyak ide dan konsep word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyl, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyl juga mengajak Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool word dimulai. (sumber : www.id.wikipedia.org )

·         OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen komponen pengolah kata (word processor), pengolah angka (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform sistem operasi, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Max OS X. OpenOffice mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya. Pengguna computer dapat mengunduhnya di www.openoffice.org. (sumber : www.id.wikipedia.com)

·         Workbook merupakan kumpulan dari sheet (lembar), sedangkan lembar kerja yang terdapat dalam sheet disebut worksheet.


·         Objek gambar umumnya berjenis bitmap yang terdiri atas dari kumpulan titik-titik  (pixel) dan membentuk citra (image) sebuah gambar.

·         Bookmark berfungsi untuk menandai lokasi dokumen atau sekumpulan teks sehingga memudahkan kita untuk menemukannya sewaktu-waktu.


·         Gunakan perintah Undo ( Ctrl + Z ) jika kamu tidak sengaja melakukan kesalahan. Berikan perintah ini beberapa kali hingga ditemukan posisi kondisi dokumen yang kamu inginkan.

·         Tekan kombinasi tombol Ctl + N untuk membuat dokumen baru secara cepat.
·         Tekan kombinasi tombol Ctrl + Backspace atau Ctrl + Delete untuk menghapus kata secara cepat.

·         Tekan kombinasi tombol Ctrl + X untuk memberi perintah Cut dan Ctrl + V untuk memberi perintah Paste secara cepat.


·         Tekan kombinasi tombol Ctrl + C untuk memberi perintah Copy secara cepat.

·         Tekan kombinasi tombol Ctrl + S untuk menyimpan dokumen secara cepat.


·         Tekan tombol F12 untuk menampilkan kotak dialog save as.

·         Tekan kombinasi tombol Ctrl + W untuk menutup dokumen tanpa keluar dari Word.


·         Tekan kombinasi tombol Ctrl + O , Ctrl + F12 , atau Ctrl + Alt + F2 untuk membuka kotak dialog Open.

·         Klik ganda nama berkas untuk membukanya secara cepat.


·         Sambil menekan tombol Ctrl, klik setiap nama berkas dokumen untuk membuka beberapa berkas sekaligus.  

·         Microsoft office word 2007 pada kondisi awal (default) akan menyimpan dokumen dlam bentuk berkas (file) berakhiran *.docx. Jenis berkas ini menggunakan format berbasis XML (eXtensible Markup Language). (sumber : www.office.microsoft.com)


·         Ada beberapa keuntungan menyimpan dokumen dengan format baru ini, yaitu:
-          Ukuran berkas yang kecil ;
-          Berkas yang rusak dapat diselamatkan ;
-          Dokumen yang berisi makro mudah dikenali ;
-          Informasi rahasia dalam dokumen dapat disembunyikan.

·         Kamu dapat menekan dan menahan tombol Backspace atau Delete untuk menghapus teks tanpa terlebih dahulu memilih teks tersebut. Namun, cara ini hars dilakukan dengan hati-hati karena dikhawatirkan ada beberapa teks yang ikut terhapus.
·         Kamu dapat membuat paragraph dengan baris pertama menjorok ke dalam (first line) menggunakan penekanan tombol Tab pada awal paragraf.

·         Seperti yang kamu lihat, banyak sekali perintah-perintah yang terdapat dalam program Microsoft word. Namun, semuanya tidak perlu kamu hafal satu per satu. Jika kamu rajin berlatih dan terbiasa menggunakannya, lambat laun semua perintah tersebut akan mampu kamu kuasai. Ingatlah suatu ungkapan, ‘’bisa karena biasa!’’

Sumber : Yana, Roni. 2010. Terampil Berkomputer Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...