Senin, 25 Juni 2018

Sejarah singkat Microsoft excel



Pada 1982, Microsoft membuat sebuah perangkat lunak (program) aplikasi pengolah angka (spreadsheet) dengan nama Multiplan. Multiplan berjalan pada sistem operasi CP/M. Microsoft tidak membuat Multiplan versi MS-DOS karena di sana sudah ada pengolah angka sejenis, yaitu Lotus 1-2-3.

Beberapa waktu kemudian, Microsoft mengawali proyek pengembangan sebuah program pengolah angka, yaitu Excel. Program Excel memiliki fungsi setara dengan Lotus 1-2-3. Versi pertama Excel (Excel 1.0) diluncurkan untuk sistem operasi Macintosh pada 1985. Adapun versi Windows-nya pada November 1987 dengan penomoran Lotus 1-2-3 versi Windows dan tetap bertahan dengan versi MS-DOS-nya.

Seiring berjalannya waktu, Excel mulai menggeser kedudukan Lotus 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet.

Pada masa-masa awal peluncurannya, Excel pernah menjadi sasaran tuntutan perusahaan lain. Perusahaan lain ini lebih dahulu menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, tuntutan tersebut berakhir dengan kekalahan Microsoft. Microsoft diharuskan mengubah nama Excel menjadi ‘’Microsoft Excel’’. Namun, dalam praktiknya, hal ini diabaikan. Bahkan, Microsoft membeli merek Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka. Dengan demikian, penyebutan nama Excel saja tidak bermasalah lagi.

Pada 1993, Excel mulai digabungkan ke dalam paket program Microsoft Office. Pada versi ini, Microsoft merancang ulang tampilan antarmuka Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint agar sesuai dengan tampilan Microsoft Excel. Hal ini dilakukan karena Excel pada saat itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan.

Seiring dengan perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras komputer, Microsoft rata-rata meluncurkan Excel versi terbaru setiap dua tahun sekali. Saat buku itu ditulis, versi terakhir Excel untuk Windows adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X) adalah Microsoft Office Excel 2008.


Sumber : Yana, Roni. 2010. Terampil Berkomputer Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...