Rabu, 06 Juni 2018

Manfaat Olahraga bagi Otak Kita


 Kita pasti sudah tahu, olahraga baik untuk tubuh dan berbagai penelitian membuktikan bahwa beraktifitas fisik dapat mencegah melemahnya fungsi otak karena bertambahnya usia. Berbagai kelompok kesehatan merekomendasikan orang dewasa untuk beraktifitas fisik seenggaknya 150 menit setiap minggu untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Bagaimana dengan kesehatan otak?


 Manfaat olahraga bagi fungsi otak
Dalam studi terbaru yang dirilis Neurology, sekelompok peneliti,yang dipimpin Joyce Gomes-Osman dari University of Miami Miller School of Medicine, mencari serangkaian olahraga yang baik untuk otak.
Berdasarkan data yang terdiri dari 11000 lansia, para peneliti ini menemukan bahwa mereka yang berolahraga sekitar 52 jam dalam 6 bulan menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam kecepatan berpikir.
Setiap orang umumnya berolahraga selama 1 jam, 3 kali dalam seminggu. Dan efek olahraga ini berlaku pada orang dengan penurunan fungsi otak, seperti demesia, maupun tidak.


Ternyata mempengaruhi kecepatan berpikir lho
Para lansia yang diteliti menunjukkan perubahan paling kuat dalam memproses informasi dan memecahkan masalah. Efek dari olahraga memang tidak terlalu signifikan dalam tes ingatan, tapi berpengaruh pada fungsi otak lainnya yang lebih rumit, seperti kemampuan mengatur waktu dan memberi perhatian penuh.
 Sejauh ini, olahraga yang sudah diteliti adalah aerobic, latihan beban, dan olahraga mind-body seperti yoga dan tai-chi. Gomes-Osman berharap ke depannya akan ada lebih banyak lagi penelitian yang menunjukkan efek dari olahraga yang lebih sensitif pada otak.


Sumber : http://cewekbanget.grid.id/Love-Life-And-Sex-Education/Selain-Baik-Untuk-Kesehatan-Fisik-Ini-Manfaat-Olahraga-Bagi-Otak-Kita-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...