Senin, 25 Juni 2018

Sejarah singkat Microsoft Word




Microsoft Word ( disingkat Word) adalah perangkat lunak (program) yang pertama kali diterbitkan pada 1983. Nama awalnya adalah Muti-Tool Word yang berjalan pada sistem operasi Xenix. Versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Misalnya, DOS pada 1983, Apple Macintosh pada 1984, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows pada 1989.

Pada 25 oktober 1983, Microsoft resmi menerbitkan program ini untuk IBM-PC dengan nama baru Microsoft Word. Saat itu, dunia perangkat lunak pengolah kata didominasi oleh WordPerfect dan WordStar.

Word untuk sistem operasi Macintosh dikembangkan dengan menambahkan fitur WSIWYG (What You See Is What You Get). Program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem operasi lainnya.

Word 3.0 for Macintosh diluncurkan pada 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan, tetapi memiliki banyak bug. Hanya dalam beberapa bulan, Microsoft mengganti word 3.0 dengan Word 3.01 yang lebih stabil. Word 4.0 yang diluncurkan pada 1989 merupakan versi yang sangat sukses juga stabil digunakan.

Versi pertama dari Word for Windows akhirnya diluncurkan pada 1989. Dengan diluncurkannya Microsoft Windows 3.0 pada 1990, penjualan pun terdongkrak naik. Akhirnya, setelah dilncurkannya word 2.0 for Windows, program pengolah kata ini semakin kukuh sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Pada 30 Agustus 1992, Microsoft memasukkan Microsoft Word ke dalam paket Microsoft Office. Microsoft Office merupakan paket perangkat lunak aplikasi perkantoran yang awalnya terdiri atas Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint.

Tiga tahun kemudian, Microsoft meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan dengan sistem operasi Microsoft Windows 95. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan melakukan banyak perubahan.

Para rentang 2000-an, Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office, antara lain Microsoft Office 2000, Micosoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, dan Microsoft Office System 2007. Mulai versi Microsoft Office 2003, nama Microsoft Word diubah menjadi Microsoft Office Word. Semua versi tersebut masih tetap digunakan oleh masyarakat sampai sekarang.


Sumber : Yana, Roni. 2010. Terampil Berkomputer Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zack Tabudlo - Give Me Your Forever Lyrics

  Do you remember When we were young you were always with your friends Wanted to grab your hand and run away from them I knew that it was ti...